Tampilan Desktop


Komisi I DPRD Sultra Kecam KPU Butur dan Apresiasi Panwaslu
14 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini tengah menanti reaksi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait laporan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) setempat, mengenai adanya dugaan pelanggaran yang terjadi dalam penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan alat peraga kampanye (APK) pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Sultra Taufan Alam mengatakan semestinya Ketua KPU Sultra Hidayatullah bisa mengambil sikap terkait masalah KPU Butur. Sejak awal KPU Butur memang ditengarai akan menimbulkan masalah besar.

“Saya pernah menyatakan bahwa KPU Butur ini kita pertanyakan integritasnya karena berdasarkan pengalaman sebelumnya memang KPU Butur ini agak sedikit lain,” Kata Taufan Alam di Kendari, Jum’at (25/9/2015).

Dengan adanya laporan Panwas ke DKPP, maka menguatkan dugaan DPRD Sultra bahwa KPU Butur memang perlu diberikan perhatian khusus oleh KPU di tingkat provinsi. Kata Taufan, dari sejak Pilcaleg integritas KPU Butur diragukan sehingga kerja-kerja mereka di Pilkada kali ini patut diwaspadai.

Taufan mengatakan sangat mengapresiasi sikap panwaslu Butur karena tidak membiarkan KPU Butur tenggelam dalam pelanggaran. Daftar pemilih memiliki potensi yang besar untuk digunakan bermain curang dan nantinya bisa fatal.

“Pilkada ini calon bisa menang dengan hanya 1 atau 3 suara. Kalau KPU-nya tidak punya integritas maka orang yang dimenangkan bisa saja dengan cara yang tidak benar,” tegasnya.

Olehnya, sebelum terjadi kecurangan yang lebih besar maka KPU Butur harus dibenahi.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com