iklan zonasultra

Komisi VII DPR RI Tinjau Proyek IPP PLTU Kendari-3

Komisi VII DPR RI Tinjau Proyek IPP PLTU Kendari-3
KUNKER DPR RI - Anggota Komisi VII DPR RI Ihwan Datu Adam (ketiga dari kanan) melakukan kunjungan kerja ke IPP PLTU Kendari-3 untuk meninjau perkembangan pembangunan proyek yang dikembangkan PT DSSP Power Kendari. Dalam kunjungan ia bersama Direktur Regional Sulawesi PT PLN (Persero) Syamsul Huda (kedua dari kiri), Perwakilan Kementerian ESDM dan Kementerian Lingkungan Hidup, dan Direktur PT DSSP Power Kendari Awaludin Latif Shaubari (kedua dari kanan). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rombongan komisi VII DPR RI mengunjungi beberapa proyek kelistrikan di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Salah satunya adalah proyek pembangunan Independent Power Producer (IPP) PLTU Kendari-3 yang dikembangkan PT DSSP Power Kendari.

Anggota komisi VII DPR RI, Ihwan Datu Adam, menyebutkan beberapa hal yang ingin diketahui pihaknya seperti gambaran umum proyek IPP PLTU Kendari-3 dengan kapasitas 2 x 50 MW, kapasitas dan kemampuan suplai juga bahan bakar, termasuk pengelolaan lingkungan di sekitar pembangkit listrik tersebut.

“Kami ingin mengetahui perkembangan proyek pembangkit listrik ini, apakah bisa memenuhi kebutuhan listrik di Sultra. Mengingat Sultra memiliki banyak potensi industri yang sangat besar,” ujarnya ditemui di Desa Tanjung Tiram, Moramo Utara, Kamis (14/2/2019).

Ihwan mengharapkan proyek ini bisa segera tuntas dan tidak mengalami kendala. Sehingga, bisa secepatnya beroperasi secara komersial sesuai dengan target yang direncanakan.

Menjawab hal tersebut, Direktur PT DSSP Power Kendari, Awaluddin Latif mengatakan bahwa saat ini proyek pembangunan pembangkit tenaga listrik sementara berlangsung, belum beroperasi secara komersial.

“Setelah beroperasi kami akan menjual listrik ke PT PLN untuk menyuplai ke masyarakat di wilayah Sultra,” ujarnya.

Meskipun belum beroperasi, tetapi IPP PLTU Kendari-3 dengan kapasitas 2 X 50 MW yang dibangunkan oleh PT DSSP Power Kendari ini bisa beroperasi secara komersial pada kuartal pertama tahun 2019.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sulawesi PT PLN, Syamsul Huda menambahkan kondisi kelistrikan di Sultra masih sangat minim dibanding dengan provinsi lainnya di Sulawesi. Sementara, potensi pasar di Sultra sangat besar.

Olehnya itu, keberadaan pembangkit ini diharapkan bisa menyuplai dan memenuhi kebutuhan listrik di Sultra. Selain, itu, dengan adanya IPP PLTU Kendari-3 dapat menekan biaya produksi yang selama ini cukup tinggi. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib