Tampilan Desktop


Konawe Timur Kandidat Terkuat DOB di Sultra?
718 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kabupaten Konawe Timur menjadi kandidat terkuat daerah otonomi baru (DOB) di Sulawesi Tenggara yang akan segera disahkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Dua Sebab Ini Halangi Pelantikan Surunuddin-Arsalim

La Ode Ali Akbar

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Ali Akbar mengatakan, saat ini DPR RI tengah membahas penetapan plafon jatah DOB masing-masing provinsi. Dan Sultra baru mendapatkan satu jatah DOB.

“Kita memang ada tiga (DOB) yang rencananya akan disahkan, namun yang sudah pasti itu baru satu saja,” kata Ali ditemui di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (1/3/2016).

Dengan jatah yang hanya satu, lanjut dia, maka keputusan akhir berada di tangan pemerintah daerah (gubernur) untuk menentukan daerah mana yang akan diprioritaskan.

DOB yang akan menjadi prioritas, kata Ali adalah yang telah memenuhi persyaratan seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan letak geografis.

“Yang memenuhi (syarat) itu Konawe Timur. Pak Gubernur pasti memprioritaskan daerah yang sudah memenuhi syarat,” kata Ali.

Terkait pemekaran Provinsi Kepulauan Buton, Ali belum berani mengungkapkan apakah diterima atau tidak. Namun yang pasti, kata dia, pemerintah provinsi akan terus mendorong pemekaran Kepton sesuai dengan komitmen awal.

 

Penulis: Jumriati
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com