Tampilan Desktop


Kopi Gandu Sembuhkan Diabetes, Kolesterol Sampai Kanker
1536 Dibaca

Kopi Gandu Sembuhkan Diabetes, Kolesterol Sampai Kanker

Kopi Gandu – Makanan khas kendari, Sulawesi Tenggara. (Sumber:http://indonesianculinary.tumblr.com)

Menyantap sinonggi rasanya kurang lengkap tanpa didampingi sayur kopi gandu apalagi jika dimakan selagi masih panas dan rame-rame dengan keluarga, kalau kata masyarakat sultra utangpun bisa dilupakan.

Kopi gandu atau dikenal juga dengan nama okra Abelmoschus esculentus (L.) adalah jenis tumbuhan yang masuk dalam famili Malvaceae. Tanaman yang termasuk sayuran ini berbentuk polong berwarna hijau berukuran sekitar 5-15 cm, merupakan sumber mineral penting seperti zat besi, kalsium, mangan dan magnesium.

Jika anda termasuk penikmat sayur kopi gandu maka ini jadi kabar gembira untuk anda, karena selain rasanya yang lezat ternyata kopi gandu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kopi Gandu Untuk Kesehatan
Warna hijau pada sayuran kopi gandu, disebabkan adanya pigmen klorofil. Klorofil memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.

Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah ( aterosklerosis) dapat dicegah. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Penelitian yang dipublikasikan oleh “Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences 2011” dengan judul “Anti diabetic and anti hyperlipidemic potential of Abelmoschus esculentus (L.) Moench in streptozotocin-induces diabetic rats” menyarankan bahwa ekstrak dari kopi gandu merupakan tumbuhan obat yang dapat membantu melawan diabetes.

Hasil dari penelitian tersebut adalah adanya penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah dan kadar profil lipid dengan pemberian ekstrak kopi gandu pada tikus yang menderita diabetes mellitus.

Kandungan Gizi Kopi Gandu

Kopi gandu mengandung vitamin A, dan flavonoid anti-oksidan seperti beta karoten, xanthin dan lutein. Kopi gandu atau Okra adalah salah satu sayuran hijau dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi. Vitamin A diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput mukosa dan kulit. Konsumsi sayuran dan buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut .

Sayuran ini kaya akan kelompok vitamin B-kompleks seperti niasin, vitamin B6 (piridoksin), thiamin, dan asam pantotenat. Kopi gandu juga mengandung sejumlah vitamin K. Vitamin K merupakan kofaktor untuk enzim pembekuan darah dan diperlukan untuk memperkuat tulang.

Kopi gandu juga merupakan sumber vitamin C, menyediakan sekitar 36 % dari asupan harian yang disarankan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan terhadap agen infeksi, mengurangi kemungkinan terserang flu dan batuk dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

Kopi gandu juga sumber asam folat yang baik, menyediakan sekitar 22% RDA per 100 g. Konsumsi makanan yang kaya folat, khususnya selama periode pra-konsepsi dapat membantu menurunkan insidensi terjadinya neural tube defect (cacat tabung saraf). berikut tabel kandungan gizi kopi gandu per 100 g

Jumlah Kandungan per 100 g
Kalori (kcal) 33
Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 7 mg
Kalium 299 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 3,2 g
Gula 1,5 g
Protein 1,9 g
Vitamin A 716 IU
Vitamin C 23 mg
Kalsium 82 mg Zat besi 0,6 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 57 mg

 

Cara Memanfaatkan kopi gandu Untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol
1. 3 atau 4 buah okra, dirajang tipis, direndam dalam 2 gelas air, lalu masukkan di kulkas selama kira-kira 3 (tiga) jam.
2. Hasil dari rendaman ini airnya menjadi berlendir berbentuk jelly.
3. Selanjutnya diminum air nya saja, baik untuk diminum setelah makan.
4. Setelah airnya habis diminum, tambah 2 gelas air lagi.
5. Hasil rendaman kedua ini jelly nya tambah kental.
6. Irisan okra ini dapat direndam sampai 3 kali.

Bagi Penderita Asam urat dan kolesterol,  Sesudah 12-14 hari, cek darah Anda di laboratorium. Bila hasilnya baik, mungkin bisa stop obat dokter, gunakan okra sebagai pengganti obat.

Bagi pria yg sakit diabetes dan atau impoten, minum rendaman Kopi gandu ini sampai 1 bulan, dan rasakan hasilnya. Bagi yang sakit lutut kena Osteo Arthritis, sakitnya dapat mereda dengan minum air rendaman ini.

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com