Tampilan Desktop


Korban Banjir di Konawe Keluhkan Minimnya Bantuan Air Bersih
9 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Korban banjir dilima desa di kecamatan wonggeduku, kabupaten Konawe, sulawesi tenggara (Sultra), mengeluhkan minimnya bantuan air bersih dari pemerintah daerah (Pemda) setempat. Terlebih untuk keperluan konsumsi dan mandi, mengingat air banjir yang belum sepenuhnya surut di semua areal pemukiman warga.

Muin, salah seorang warga desa dawi-dawi kepada awak zonasultra.com mengatakan jika saat ini para korban banjir yang diakibatkan jebolnya tanggul darurat di desa tersebut sangat membutuhkan bantuan air bersih dari pemerintah setempat melalui Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Konawe, sebab saat ini para korban banjir sudah mulai meninggalkan tenda pengungsian dan kembali ke rumah masing-masing, sehingga air bersih sangat dibutuhkan oleh mereka.
“Walaupun di beberapa wilayah air sudah surut, tapi kan masih ada wilayah lain yang masih terdapat genangan. Kemudian kalau kita mau menggunakan air sumur untuk mandi, itu juga tidak mungkin karena air yang masih kotor dan tidak layak, apalagi untuk di digunakan untuk memasak,” kata Muin kepada awak zonasultra.com (12/05/2015).
Kepala Desa (Kades) Dawi-dawi, Amrin menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi dari Pemda Konawe terkait adanya bantuan air bersih untuk warganya yang terkena bencana banjir. Dirinya membenarkan adanya keluhan warga yang kekurangan air bersih terlebih untuk keperluan konsumsi.
“Sampai saat ini saya belum menerima informasi apa-apa dari Pemda akan adanya bantuan air bersih, beberapa masyarakat juga sudah pernah menyampaikan ini kepada saya dan pak camat, tetapi kita tidak bisa berbuat banyak karena keterbatasan. Untuk sementara kita hanya menyiapkan air minum untuk keperluan minum saja,” kata Amrin yang ditemui di lokasi banjir. (Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com