Tampilan Desktop


Korban Banjir di Konawe Mulai Terserang Penyakit
41 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Korban banjir di Desa Waworaha Kecamatan Lambuya,Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mulai terserang penyakit kutu air, muntaber, dan flu. Kepala Desa Waworaha, Ayuruddin menjelaskan kebanyakan yang terserang penyakit adalah anak-anak dan Balita.

“Penyakit yang banyak menyerang warga yakni kutu air, muntaber, dan flu. Kalau penyakit muntaber sendiri memang belum banyak yang mengeluhkan itu dan untuk penyakit ini sendiri kebanyakan menyerang anak-anak, kalau kutu air itu rata mulai dari anak-anak hingga dewasa, obat-obatan yang disediakan pihak puskesmas juga belum lengkap, masih ada beberapa jenis obat yang belum ada,” kata Ayuruddin di lokasi banjir, Kamis (11/06/2015).
Banjir yang sudah melanda wilayah tersebut selama tiga hari terakhir diperkirakan masih akan terus terjadi menyusul hujan yang masih terus menguyur wilayah Kabupaten Konawe, sehingga volume debit air Sungai Konaweeha masi terus meningkat. 
Meski begitu bantuan dari pemerintah daerah masih sangat minim, terbukti di wilayah tersebut hanya ada satu posko yang dibuat itupun hanya posko kesehatan saja dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lambuya.
Dilain pihak, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Muhammad Aris kepada awak zonasultra.com mengaku, sejak adanya informasi banjir dari stafnya ia langsung memerintahkan Puskesmas Lambuya untuk segerah membuat posko kesehatan agar masyarakat yang menjadi korban bencana banjir bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
“Saya juga sudah menginstruksikan anggota saya agar mengidentifikasi keluhan warga terkait masalah kesehatan, agar kami bisa dengan mudah menyiapkan obat-obatan untuk mereka (korban). Selain itu kalau ada balita disana, kami juga sudah menyiapkan susu khusus untuk balita,” Kata Aris yang ditemui di lokasi banjir.
Dari pantauan awak zonasultra.com di lapangan, saat ini ketinggian air sudah mulai surut. Sementara warga setempat masih tetap bertahan di rumah masing-masing dengan alasan keamanan ternak dan harta benda mereka. Untuk bantuan dari pemerintah Kabupaten Konawe sendiri, selain dari Dinkes tersebut sejauh ini belum ada yang disalurkan. (**Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com