Tampilan Desktop

Kota Baubau Terapkan Pelayanan Sistem Online
53 Dibaca

kota-baubau-terapkan-pelayanan-sistem-online

Sistem Online : Walikota Baubau, AS Tamrin saat melakukan launching Sinego Kota Baubau yang didampingi Wakil Walikota Baubau, Asisten tiga dan kepala Badan Kominfo Kota Baubau. (Mulyadi/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Kota Baubau sebagai kota berkembang sudah harus mempersiapkan diri sebagai daerah pelayanan prima. Salah satunya dengan menerapkan sistem pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT). Akhir pekan lalu Walikota Baubau secara resmi menerapkan Sinegritas e-Govermance (Sinego).

Walikota Baubau AS Tamrin mengungkapkan, dengan adanya sinego diharapkan pelayanan pemerintah kota Baubau sudah akan melayani dengan sistem berbasis teknologi.

“Dalam mewujudkan good govermance merupakan suatu tekad yang memerlukan kerja keras dan akselerasi yang cepat dari pimpinan daerah, sehingga salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah dengan menerapkan e-government dalam pengelolaan di segala sektor, ” ungkap AS Tamrin, Senin (31/10/2016).

Ia menambahkan, dalam menundukung “Sinego” tentu dibutuhkan persiapan sarana dan prasaranan. Dan tak kala pentingnya adalah kesiapan Sumber Daya Manusianya (SDM). Untuk menunjang hal tersebut maka Pemerintah Kota Baubau menerbitkan Peraturan Wali Kota Baubau Nomor 57 tahun 2016 tentang penyelenggaraan sistem elektronik/e-government di lingkungan Pemerintah Kota Baubau.

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi Informasi Perpustakaan, Arsip dan pengelolaan data Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi mengungkapkan, dengan adanya Perwali ini akan membuktikan Kota Baubau kedepan akan menjadi daerah yang lebih transparan.

“Dengan adanya pelayanan berbasis teknologi, seluruh akses informasi masyarakat dapat mengaksesnya lebih mudah dan transparan. Contoh kecil ada investor yang berada di luar daerah ingin berinvestasi dan membangun usaha di Kota Baubau, maka tentu sudah dapat melihat di internet karena seluruh persyaratan sudah akan tercantum,” ujarnya.

e-government memiliki fungsi yakni pemerintah mengkomunikasikan informasi melalui website, interaksi antara masyarakat dengan kantor SKPD pemerintah, masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintah secara timbal balik, dan seluruh kantor pemerintah di mana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintah yang telah mempunyai data website. (B)

 

Reporter : Mulyadi
Editor : Rustam

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com