Tampilan Desktop


Kota Kendari Berpeluang Raih Predikat Swasti Saba Wistara
75 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari saat ini tengah berupaya untuk meraih predikat kota sehat kategori Swasti Saba Wistara tahun 2015. Untuk mewujudkan penghargaan tertinggi kota sehat tersebut tidak mudah karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain sistem pengelolaan sampah, ketersediaan air bersih, sistem instalasi pengolahan air limbah (IPAL), instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT), penataan hutan kota, kasus gizi buruk dan kejadian luar biasa (KLB), penataan pasar dan pedagang kaki lima (PKL) dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sistem pengelolaan kota sehat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Kementerian Kesehatan RI, Tutut Indra Wahyuni dalam acara tatap muka untuk mendengarkan ekpose pengelolaan Kota Kendari menuju kota sehat tahun 2015 oleh Walikota Kendari, Asrun serta sejumlah pejabat dari SKPD setempat di Restoran Pier 29 Kendari, Senin (27/07/2015) malam.

“Setelah kami melakukan verifikasi administrasi dan kondisi faktual di lapangan maka besar peluang Kota Kendari dapat merebut tropi Swasti Saba Wistara sebagai kota sehat tahun 2015. Jadi kita nantikan saja bagaimana hasil akhirnya,” ungkap Tutut.

Kota Kendari telah dua kali mendapatkan predikat kota sehat, yaitu Swasti Saba Padapa pada tahun 2011 dan Swasti Saba Wiwerda pada tahun 2013. Tahun ini, predikat Swasti Saba Wistara diharapkan dapat disematkan kepada ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

Untuk diketahui, penyelenggaraan kabupaten/kota sehat ini berdasarkan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005, mengenai klasifikasi dan kriteria penghargaan swasti saba bagi kabupaten/kota sehat yang melaksanakan tatanan kabupaten/kota sehat.

Swasti saba diklasifikasikan dalam tiga kategori yakni penghargaan swasti saba padapa yang diberikan kepada kabupaten/kota sehat pada taraf pemantapan. Kemudian penghargaan swasti saba wiwerda yang diberikan kepada kabupaten/kota sehat pada taraf pembinaan. Serta terakhir penghargaan swasti saba wistara yang diberikan kepada kabupaten/kota sehat pada taraf pengembangan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com