Tampilan Desktop



Kota Kendari Masih Kekurangan Guru Berstatus PNS
86 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kendari, Makmur mengungkapkan bahwa Kota Kendari masih kekurangan ratusan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Makmur

Berdasarkan data yang ada di PGRI Kota Kendari, guru berstatus PNS Kota Kendari berjumlah sekitar 3.700 orang, yang tersebar mulai dari jenjang TK, SD dan SMP. Dari jumlah tersebut, masih ada kekurangan sekitar ratusan guru pada mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran Penjaskes dan Agama untuk SD, serta guru mata pelajaran Kesenian dan BK untuk tingkat SMP.

“Data kita juga di PGRI itu adalah yang kekurangan itu guru-guru di mata pelajaran tersebut, yang diakibatkan beberapa tahun ini sudah tidak ada lagi pengangkatan guru untuk mata pelajaran ini,” ungkap Makmur di Kendari, Kamis (10/8/2017).

Makmur juga mengungkapkan, kekurangan guru tersebut disebabkan tamatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang minim. Untuk itu, dirinya berharap ke depannya pemerintah dapat membuka kuota untuk mengurangi kekurangan guru, sehingga nantinya kualitas belajar di sekolah bisa semakin bagus, bilamana terpenuhi oleh guru-guru yang berkualitas.

Ia melanjutkan, peran guru honorer selama ini sudah sangat membantu kekurangan ini, meskipun kualitasnya masih berada dibawah guru-guru PNS. Namun, ada juga guru honorer yang cukup bagus.

“Berdasarkan data yang dirilis Dikbud Kota Kendari masih membutuhkan sekitar 315 guru. Tentunya pemerintah tidak langsung membuka kouta 315. Tetapi, mungkin akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada,” kata Makmur.

Terakhir, dirinya menegaskan akan terus berupaya memperjuangkan nasib guru honorer yang telah mengabdi, agar bisa diangkat menjadi PNS. Bahkan, pihaknya juga telah merekomendasikannya kepada pemerintah terkait hal tersebut. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free