Tampilan Desktop



Kota La Rochelle Prancis dan Kendari Jalin Kerjasama di Bidang Kemaritiman
83 Dibaca

Kota La Rochelle Prancis dan Kendari Jalin Kerjasama di Bidang Kemaritiman

KERJASAMA – Wali Kota La Rochelle Jean Francois Fountaine bersama rombongan berfoto bersama dengan Wali Kota Kendari Asrun dan SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di Ruang Pola Wali Kota Kendari, Kamis (30/3/2017) siang. Kedatangan Wali Kota La Rochelle di Kota Kendari sebagai tindak lanjut dari hubungan kerjasama kedua kota tersebut dalam bidang kemaritiman. (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota La Rochelle, Prancis dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, menjalin kerjasama di bidang kemaritiman.

Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, Pemkot Kendari sudah lama melakukan kerjasama dengan La Rochelle sejak tahun 2011, tetapi secara resmi penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) antara pihak La Rochelle dan Pemkot Kendari baru dilakukan pada Rabu (29/3/2017) di Istana Kepresidenan Jakarta, dan disaksikan langsung oleh Presiden Prancis Francois Hollande dan Jokowi.

“Kerjasama ini merupakan kerjasama mitra kota satu-satunya antara Prancis dan Indonesia, bahkan di Asia dengan Eropa. Dan ini kita follow up terus. Artinya kita melakukan kerjasama sampai ke Penanganan infrastruktur, pertukaran budaya, semua akan kita lakukan dalam rangka memperkenalkan Kendari di Eropa dan La Rochelle di Asia Pasifik,” kata Asrun di Ruang Pola Wali Kendari, Kamis (30/3/2017) siang.

Ia mengungkapkan, dalam kerjasama bidang kemaritiman dengan La Rochelle, kedepannya dirinya akan menggagas pembangunan aquarium seperti yang ada di Kota La Rochelle. Aquarium itu nantinya akan bisa dimanfaatkan sebagai tempat riset dan sebagai tempat wisata.

“Di aquarium itu juga rencananya kita akan representasikan laut Banda dan Wakatobi, ini sekaligus kita akan paketkan pariwisatanya. Kita juga akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Wakatobi dan pemerintah provinsi,” terangnya.

Intinya, lanjut Asrun, pihaknya ini merepresentasi semua hal yang berkaitan dengan ikan, maritim, dan karang yang ada di laut Banda dan Wakatobi dalam aquarium itu.

Menurutnya, kerjasama ini juga merupakan upaya Pemkot Kendari untuk benar-benar terbuka mempromosikan potensi daerah, supaya bisa berkembang seperti kota-kota lainnya di Eropa. Tetapi hal utama dari kerjasama ini tidak lain adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kota Kendari.

Ditemui di tempat yang sama, Wali Kota La Rochelle, Jean Francois Fountaine mengatakan, kerjasama dengan Pemkot Kendari dilakukan secara bertahap dan telah dimulai di sektor air minum dan tentunya tahap-tahap itu akan dikembangkan terus menerus.

Ia juga mengungkapkan, kehadiran Presiden Prancis di Indonesia pada Rabu (29/3/2017) kemarin, menunjukkan suatu kepentingan di bidang kerjasama antara pemerintah dan antar kota.

“Tentunya yang penting adalah bagaimana untuk melakukan pendekatan untuk pengembangan. Yang terpenting adalah kami berdua dengan bapak Wali Kota Kendari mempunyai tujuan yang sama khususnya di bidang lingkungan hidup dan kelautan,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free