Tampilan Desktop



KPPN Kendari Peroleh Sertifikat ISO 9001:2008
17 Dibaca

SERTIFIKAT ISO 9001:2008. Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sultra kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari atas pencapaian pelayanan manajemen mutu internasional yang diperoleh KPPN Kendari. SERTIFIKAT ISO 9001:2008 – Penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sultra kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari atas pencapaian pelayanan manajemen mutu internasional yang diperoleh KPPN Kendari. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sultra memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 atas pencapaian standar pelayanan manajemen mutu internasional.

Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Perbendaharan Sultra Ririn Kadariyah mengatakan KPPN Kendari dinyatakan telah lulus audit sertifikasi oleh pihak TUV Rheinland Indonesia sebagai provider badan sertifikasi dan berhak memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian Keuangan khususnya Direkotral Jenderal Perbendaharan Nomor S-4895/PB/2017 Tanggal 30 Mei 2017.

Menurutnya, pencapaian ini juga berarti tata kelola atau proses bisnis dan sistem manajemen mutu yang ada di KPPN Kendari telah diakui dan sesuai dengan standar manajemen mutu internasional. Dengan diimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, dia mengharapkan pelayanan yang diberikan oleh KPPN Kendari kepada stakeholders dapat meningkat dan berdampak juga terhadap capaian terbaik kinerja pelaksanaan anggaran satuan kerja (satker).

“Salah satu nilai Kementerian Keuangan itukan pelayanan. Jadi kita selalu berusaha meningkatkan pelayanan salah satunya dengan standarisasi pelayanan internasional, yang dibuktikan dan dibakukan dengan auditor independen,” jelas dia saat diwawancarai di Kantor Perbendaharaan Sultra, Kamis (6/7/2017).

Kata dia, saat ini baru KPPN Kendari yang mendapatkan sertifikat ISO. Namun, pihaknya menargetkan di tahun ini tidak hanya KPPN Kendari saja, tetapi KPPN Kolaka, KPPN Baubau, dan KPPN Raha juga akan mendapatkan sertifikat tersebut. Sehingga, meskipun standar pelayanan sudah baik, tetapi dengan adanya sertifikat itu, akan lebih bisa diyakini, kredible, dan dipercaya.

“Yang lainnya sementara persiapan, sudah mulai implementasi nah nanti kalau siap kita akan memanggil auditor independen untuk melakukan auditnya,” tambahnya.

Sementara, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sultra Komar Tauchidi S menuturkan dengan diberikannya sertifikat ISO ini menjadi tantangan bagi KPPN Kendari untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada stakeholders.

Menurutnya untuk mempertahankan prestasi ini, pihaknya akan menjaga layanan KPPN Kendari. Selain itu, pengendalian intern terhadap layanan yang diberikan KPPN Kendari kepada satuan kerja.

“Secara langsung dan rutin kita juga mengadakan survei dengan kuisioner kepada satuan kerja terkait layanan kami, ada feedback berupa keluhan atau tidak. Sehingga kami bisa mengevaluasi diri,” imbuhnya.

Untuk diketahui, ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu atau kualitas dan standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu serta pencapainnya. (A)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free