Tampilan Desktop


KPU Berharap 9 April PKPU Sudah Ditetapkan
13 Dibaca

Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, mengatakan untuk pemutakhiran daftar pemilih akan dimulai pada tanggal 17 April 2015. Makanya diharapkan PKPU tentang pemutakhiran data pemilih ditetapkan sebelum tan

Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, mengatakan untuk pemutakhiran daftar pemilih akan dimulai pada tanggal 17 April 2015. Makanya diharapkan PKPU tentang pemutakhiran data pemilih ditetapkan sebelum tanggal tersebut karena KPU masih membutuhkan waktu untuk proses pengundangan di Kementerian Hukum dan HAM.
“Dari penjadwalan yang telah ditetapkan Undang Undang, KPU sudah mencoba mengurai satu persatu dan membuat perencanaannya. Penyelenggaraan awal dari semua kegiatan itu harus dimulai pada bulan ini, tepatnya pada 17 April 2015 sehingga sebelum kegiatan tersebut dimulai, alangkah baiknya kalau peraturan tersebut sudah ada,” ujar Husni yang didampingi Komisioner KPU lainnya, Kanis (9/4/2015).
Kemudian lanjutnya, pada tanggal 19 April 2015 akan dimulai proses perekrutan terhadap anggota PPK dan PPS, sehingga peraturan mengenai Tata Kerja PPK dan PPS tersebut  juga mendesak untuk ditetapkan.
“Target awalnya 10 draft PKPU ini bisa tetapkan dalam satu paket, sehingga ini  bisa berlaku sebelum proses awal dimulai dan ini point pentingnya,” ungkapnya.
Sementara rapat konsultasi KPU dengan Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR RI, Pemerintah dan Bawaslu, saat ini memasuki hari kelima. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas sepuluh rancangan PKPU sebagai persiapan penyelenggaraan pilkada  serentak Tahun 2015.
Pada kesempatan tersebut, Husni juga menjelaskan catatan rapat sebelumnya  yang meminta KPU untuk menyampaikan perubahan atas rancangan PKPU tentang tahapan, program dan jadwal pilkada.
Selain itu, KPU juga diminta untuk mendefinisikan petahana dan hubungan dengan kekerabatannya, serta menyangkut apa yang akan direncanakan KPU untuk menghadapai persoalan atas  kepengurusan partai politik. (**Iman)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com