Tampilan Desktop


KPU Butur Tidak Hadiri Rakor Pengawasan Tahapan Kampanye, Tim ABR Walk Out
14 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Rapat koordinasi (rakor) pengawasan tahapan kampanye calon bupati dan wakil bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka memahami proses pelaksanaan tahapan Pilkada di ruang rapat Sekretariat Pemda Butur, Senin (7/9/2015) diwarnai walk out dari tim pasangan calon (Paslon) Abu Hasan-Ramadio.

Tim paslon dengan akronim ABR itu mempersoalkan ketidakhadiran KPU Butur sebagai penyelenggara pilkada, sehingga dengan kompak mereka meninggalkan ruangan pertemuan. Padahal, acara tersebut baru beberapa menit berlangsung yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Butur Saemu Alwi.

Ketua Panwas Butur, Hazamuddin menanggapi protes yang dilemparkan oleh tim ABR. Pihaknya juga sangat menyayangkan tidak hadirnya pihak KPU Butur. Pasalnya, banyak hal-hal teknis tidak termuat dalam Peraturan KPU yang perlu dibicarakan.

Panwas sendiri, tambah Eci panggilan akrab Hazamuddin, sudah melayangkan surat undangan sebanyak dua kali kepada pihak penyelenggara teknis. Bahkan koordinasi secara lisan pun terus dilakukan. Namun, hingga sampai hari acara KPU tidak juga hadir.

“Kita dua kali melayangkan undangan, termasuk koordinasi secara lisan saya lakukan, tapi sampai pada acaranya mereka (KPU) tidak hadir, dan sampai saat ini juga belum ada konfirmasi ketidak hadiran pihak KPU. Jadi segala usaha secara kelembagaan telah kami lakukan,” ujar Eci.

Meski perwakilan tim ABR keluar, acara tetap berlanjut, hanya saja tidak berlangsung lama.

“Seharusnya forum seperti ini kita hargai dan hormati. Mari kita memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Setelah melihat kondisi yang sudah tidak berjalan sesuai yang kita inginkan, alangkah baiknya diagendakan ulang saja pertemuan kita ini,” pinta Ketua Tim Pemenangan Paslon Ridwan Zakariah-La Djiru, Diwan.

Menanggapi permintaan itu, Panwas Butur sebagai pihak penyelenggara kegiatan langsung meminta kesediaan Pemda Butur untuk mengambil alih kegiatan.

Saemu Alwi nampak tidak bisa menyembunyikan kekecewaanya melihat situasi forum diskusi yang tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, apalagi sampai ada yang meninggalkan ruangan.

“Kapan pun, dan dimana pun kita siap akan selalu siap untuk kembali menyelenggarakan kegiatan ini, bahkan dengan senang hati. Tapi perlu diingat mari kita saling menghargai, karena berapapun orang yang hadir dalam forum ini yang dilihat adalah ouputnya,” kata Saemu.

Dia pun berjanji akan kembali menyelenggarakan kegiatan itu dalam minggu ini juga dan mengundang seluruh stakeholder.

“Saya janji satu dua hari ini, dan saya akan undang Kapolres Muna, Danramil Muna, Kejari Muna, Ketua Pengadilan Muna, dan unsur Muspida. Tapi sekali lagi kita harus menghargai forum ini,” tegasnya.

Acara rakor ini juga dihadiri oleh Kapolsek Kulisusu, beberapa pimpinan SKPD dan tim paslon perseorangan La Ode Abdul Gani-Ahmad Gamsir.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com