Tampilan Desktop


KPU Kendari Belum Buka Hasil Tes Kesehatan Paslon Walikota
365 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hasil tes kesehatan pasangan calon (paslon) walikota Kendari ternyata belum bisa diumumkan  KPU Kendari. Padahal hasil tes berupa psikologi dan kesehatan jasmani sudah diterima KPU Kendari sejak 28 September 2016 lalu.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu

Hayani Imbu

Ketua KPU Kendari Hayani Imbu beralasan hasil tes kesehatan tersebut belum dibuka karena terkendala hasil tes narkoba yang belum ada. Tes narkoba yang sebelumnya ditangani Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi dialihkan ke BNN pusat di Jakarta yang pemeriksaannya saat ini sedang berlangsung.

“Kita masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan BNN. Kalau sudah ada baru kita buka hasil tes kesehatan itu secara bersamaan.  Kesehatan calon dinilai kumulatif mulai dari tes narkoba, kesehatan jasmani, dan psikologi,” ujar Teo sapaan akrab Hayani di ruang kerjanya, Jumat (30/9/2016).

Paling lambat 4 Oktober 2016 hasil tes kesehatan tersebut sudah harus lengkap dan dibuka oleh KPU. Sebab hasil tes  tersebut merupakan salah satu syarat calon walikota dan wakil walikota. Jika hasil tes kesehatan tidak memenuhi syarat (TMS) maka partai pengusung bisa mengajukan pengganti calon walikota.

Lanjut Teo, untuk syarat-syarat administrasi lainnya secara umum paslon walikota di Kendari hampir tidak ada masalah. Hanya memang ada beberapa kekurangan yang saat ini sedang dilengkapi pada masa perbaikan mulai dari hari ini 30 September sampai 4 Oktober 2016.

Untuk diketahui tes narkoba  ditangani oleh BNN, kesehatan jasmani ditangani Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan tes psikologi ditangani Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia (Himpsi). (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor  :  Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com