Tampilan Desktop

KPU Kendari Lakukan Perbaikan Ribuan Pemilih Ganda
66 Dibaca

KPU Kendari Lakukan Perbaikan Ribuan Pemilih Ganda

PEMILIH GANDA – Diskusi Publik Mewujudkan Pemilihan Walikota Kendari 2017 yang Jujur Adil Damai Tanpa Konflik di Hotel Kubra Kendari, Minggu (20/11/2016). Acara ini diselenggarakan oleh lembaga pemantau pemilu Sulawesi Tenggara Demokrasi Monitoring (Sultra Demo). (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Kendari mulai melakukan perbaikan terhadap ribuan pemilih bermasah termasuk pemilih ganda. Data pemilih bermasalah tersebut berdasarkan tanggapan masyarakat dan pasangan calon (paslon) Wali Kota dari 10 sampai 19 November 2016.

Komisioner KPU Kendari, Abdul Wahid Daming mengatakan, data pemilih bermasalah juga masuk dari Panwas dengan jumlah 20 ribu lebih dan dari internal KPU. Hanya saja secara keseluruhan data pemilih bermasalah belum dijumlahkan, sebab beberapa data berbasis temuan dari kelurahan dan tim pasangan calon.

“Sejumlah langkah perbaikan sudah mulai dilakukan. Diantaranya ada pemilih ganda kategori 1 (K1) dan Kategori 2. Untuk K1 yang ganda sama persis langsung kita lakukan pencoretan,“ kata Wahid dalam acara Diskusi Publik Mewujudkan Pemilihan Walikota Kendari 2017 yang Jujur Adil Damai Tanpa Konflik di Hotel Kubra Kendari, Minggu (20/11/2016).

Untuk pemilih ganda K2 yang tidak identik dan beda TPS, diperbaiki dengan cara membuka kembali hasil pencocokan dan penelitian Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk kemudian dihapus di salah satu TPS. Selain itu, terdapat beberapa jenis pemilih bermasalah lainnya yang ditangani dengan cara-cara khusus.

Wahid melanjutkan, data pemilih bermasalah yang berjumlah ribuan tersebut diperbaiki untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada akhir November 2016 ini. Setelah itu, masih ada lagi tahapan-tahapan untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada awal Desember 2016. (B)

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com