Tampilan Desktop



KPU Kendari Layangkan Teguran 2 Lembaga Survei Pilwali
614 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Kendari telah melayangkan surat teguran tertulis kepada dua lembaga survei yakni Program Studi Ilmu Politik, FISIP, Universitas Halu Oleo dan Lembaga Riset dan Survei Indonesia (LRSI).

Komisioner KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Iwan Rompo

Iwan Rompo

Komisioner KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Iwan Rompo mengatakan, teguran tersebut atas instruksi KPU Sultra. Sebab, dua lembaga survei tersebut merilis hasil survei secara ilegal atau belum terdaftar resmi di KPU.

“Dari perspektif pemilu yang akuntabel dan partisipasi masyarakat sebenarnya bagus, sepanjang dia sesuai koridor. Tapi mereka belum terakreditasi oleh KPU sudah merilis,” kata Iwan di Kendari, Selasa (24/1/2017).

Berdasarkan informasi dari KPU Kendari, kini kedua lembaga survei itu sudah selesai diakreditasi. Olehnya kata Iwan, untuk saat ini tidak masalah lagi jika melakukan survei.

Berita Terkait : Ini 4 Lembaga Survei yang Resmi Terdaftar di KPU Kota Kendari

Untuk lembaga survei lainnya diingatkan untuk tidak merilis hasil survei jika belum ada akreditasi dari KPU. Jika ada lembaga survey yang memaksakan maka akan diberi teguran dan jika masih terulang maka akan dilaporkan ke Panwaslih.

Lanjut Iwan, KPU tidak pada domain hasil survei atau metode survei tapi pada aspek legalitas. Lembaga survei diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 tentang partisipasi masyarakat. (A)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free