KPU Kendari Libatkan 100 Orang Lipat dan Sortir Surat Suara

91
`Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kendari Jumwal Saleh
Jumwal Saleh

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Logistik pemilihan umum (Pemilu) salah satunya surat suara sudah sampai di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari pada 28 Februari dan 1 Maret 2019. Sebanyak 1.047.000 lembar dari lima jenis surat suara yang tiba akan dilakukan pelipatan dan penyortiran.

Ketua KPU Kendari Jumwal Saleh menjelaskan, surat suara akan mulai dilakukan pelipatan di gudang KPU pada Kamis, 7 Maret 2019). Pihaknya akan melibatkan 100 orang dalam dua kegiatan ini.

“Jumlah pelipat melibatkan 100 orang yang terdiri dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), karyawan KPU, dan masyarakat umum yang ditunjuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Itu satu paket dengan sortir,” ungkap Jumwal Saleh saat dihubungi lewat layanan WhatsApp, Selasa (5/3/2019).

KPU akan memberikan honor senilai Rp90 untuk setiap lembar surat suara yang telah dilipat. Besaran honor itu menurut Jumwal Saleh, sudah sesuai dengan program, output dan kegiatan (POK) yang di dalamnya memuat jumlah anggaran dari setiap kegiatan.

Dia menambahkan, terkait surat yang sampai dalam dua gelombang itu, kata dia, belum bisa diketahui berapa jumlah surat suara yang rusak dan layak pakai. “Untuk jumlah surat suara yang rusak belum bisa ditahu rusaknya, karena belum dilakukan sortir,” tutup Jumwal Saleh. (b)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib