Tampilan Desktop


KPU Konsel Klaim Pemasangan APK Sudah 100 Persen
15 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengkalaim bahwa pemasangan alat peraga kampanye (APK) telah terpasang disemua titik-titik yang telah ditentukan.

Ketua KPU Konsel, Jabal Nur mengatakan APK berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul sudah terpasang secara keseluruhan dan berdasarkan titik yang telah ditetapkan baik itu di tingkat desa ataupun dikecamatan-kecamatan.

“Itu berdasarkan SK KPU tentang zonasi pemasangan APK,” kata Jabal Nur, Senin (510/2015).

Meski demikian, pihaknya mengakui ada beberapa titik pemasangan yang memang harus terpajang dilorong-lorong jalan  bahkan lapangan sepak bola karena hal tersebut merupakan tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat.

Dikatakan, jika terdapat pemasangan spanduk atau baliho yang tidak sesuai SK KPU, hal itu dikarenakan tidak adanya area yang bisa menampung dan memasang APK. Walaupun demikian, hal tersebut telah dikonfirmasikan pada tingkat kecamatan dan desa atau kelurahan.

“Jika ada yang tidak sesuai maka pada saat itu kita minta di desa untuk dipindahkan dan telah dikonfirmasi dengan warga dan camat. Karena disitu saja area yang siap, jadi  tergantung dimana kesiapan tempat pemasangannya misalnya kota bangun itu hanya lapangan bola saja, meskipun kita pasang dalam lorong,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Konsel, Hajaruddin menegaskan dalam pemasangan alat peraga tersebut, berdasarkan PKPU nomor 7 tahun 2015 maka memperhatikan nilai estetika serta tempat-tempat tertentu yang telah ditetapkan peraturan yang telah ada.

“Jadi intinya APK jangan dipasang ditempat tertentu seperti tempat ibadah, sekolah, rumah sakit  dan tempat-tempat lainnya. Selain itu pula, harus memperhatikan nilai-nilai keindahan,” katanya.

Untuk zonasi pemasangan APK, kata Hajaruddin, didasarkan pada usulan pemerintah daerah melalui pihak desa atau kelurahan serta kecamatan untuk ditetapkan dalam keputusan KPU setempat.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com