Tampilan Desktop



KPU Mubar Sampaikan Laporan Akhir Hasil Pilkada ke KPU RI
67 Dibaca

KPU Mubar Sampaikan Laporan Akhir Hasil Pilkada ke KPU RI HASIL PILKADA – Ketua KPUD Muna Barat Al Munardin (paling kanan) bersama anggotanya saat ditemui di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol no. 29 Menteng Jakarta Pusat. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar) menyampaikan laporan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mubar 2017 kepada KPU RI. Laporan tersebut merupakan laporan dari tahapan hingga pelantikan Bupati Mubar terpilih.

“Pilkada 2017 sudah selesai, seluruh tahapan di Mubar sampai dengan pelantikan. Tentu dari KPU berkewajiban menyampaikan evaluasi akhir dari seluruh rangkaian pilkada kepada KPU RI,” terang Ketua KPUD Mubar Al Munardin saat ditemui di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol No. 29 Menteng Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017)

Menurutnya, laporan tersebut merupakan instruksi KPU RI untuk disampaikan secara menyeluruh, termasuk evaluasi pelaksanaan Pilkada. Salah satu evaluasi yang menjadi poin penting dalam Pilkada Mubar adalah persoalan daftar pemilih tetap (DPT).

“DPT ini selalu yang menjadi sorotan adalah KPU, padahal yang harus kita pahami yang mengurus penduduk ini bukan saja KPU, tapi juga Dinas Dukcapil setiap daerah,” terang Al Munardin.

Hal tersebutlah yang terkadang menjadi tidak sinkron antara data penduduk KPU maupun Dinas Dukcapil.

Sementara itu, KPU Mubar kini tengah melakukan pemutakhiran data pemilih untuk Pigub Sultra 2018 mendatang. Anggota KPUD Mubar, Alirun Asa mengatakan pihaknya baru saja melakukan pemutakhiran data berkelanjutan sesuai dengan amanat Surat KPU No 412.

“Kami melakukan pemutakhiran data berkelanjutan dalam hal ini adalah, DPTP yaitu pemilih yang menggunakan KTP- el atau surat keterangan dari Disdukcapil pada saat Pilkada kemarin, hari ini kami sudah selesai unggah dan telah disnapshot,” terang Alirun.

Jumlah DPTP Mubar yang telah diunggah yakni sebanyak 1.475 untuk Pilgub Sultra mendatang. Selain Alirun, Ketua KPUD Mubar datang ke KPU RI bersama seluruh anggotanya yakni Awaluddin Usa, Taufan dan La Ode Fatahuddin. (A)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com