Tampilan Desktop



KPU Pastikan 70 Warga Binaan Lapas Kendari Salurkan Hak Pilihnya
35 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 70 orang wajib pilih yang berstatus sebagai narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari mendapatkan sosialisasi pemungutan suara Pilkada 2017 dari KPU Kendari, Selasa (7/2/2017) sore. Ke 70 orang tersebut merupakan daftar pemilih tetap (DPT), dari total 420 warga binaan Lapas Kendari.

Ketua KPU Kendari Hayani Imbu

Hayani Imbu

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, dari total 70 DPT yang ada di Lapas Kendari, pihaknya akan mengupayakan partisipasi seratus persen agar seluruh penghuni Lapas dapat menyalurkan hak suaranya.

“Apalagi tadi kita lihat sangat antusias sodara-sodara kita di sini, mereka menyimak dan mengajukan pertanyaan terkait prosedur pemungutan dan penghitungan suara,” tuturnya.

Pihaknya pun telah menyiapkan satu tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas Kendari, yakni TPS 14 Baruga yang nantinya akan diisi oleh tujuh orang petugas KPP serta dua orang petugas Linmas dari pihak Lapas.

Sebelumnya jumlah DPT d Lapas Kendari berjumlah 184 orang, namun setelah di mutahirkan kembali dan diumumkan TPS nya, terdapat sejumlah napi yang kemungkinan sudah bebas. Sehingga jumlah DPT tersebut berkurang, meski demikian terdapat warga binaan baru namun tidak dapat dimasukkan sebagai DPT.

“Pindah memilih itu begini, sepanjang dia terdaftar di TPS asalnya nanti ada anggota keluarga yang melapor menyampaikan ke kita. Bahwa ini ada keluarga saya di sana, nanti kita uruskan pindah memilihnya A5. Hanyakan disini surat suara terbatas,” ujarnya.

Baca Juga : KPU Kendari Libatkan Paslon dan Panwas dalam Pendistribusian C6

Dirinya pun memastikan, partisipasi pemilih di Lapas Kendari akan mencapai seratus persen. Hal itu dikarenakan seluruh DPT yang berjumlah 70 orang masih berada di Lapas. Lembar surat suara cadangan pun kemungkinan akan tetap digunakan oleh DPT di dalam Lapas.

“Tapi nanti kita lihat, cadangan itu akan digunakan berdasarkan nomor urut kehadiran. Kalau dia pake A5 nanti kita lihat A5 nya di sini. Lembar surat suara tetap 70, kali 2.5 persen. Jadi 1.75 lembar berarti di genapkan 2 lembar kertas suara cadangan,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free