KPU RI Sepakat Panelis Debat Capres Teken Pakta Integritas Jaga Rahasia Soal

KPU RI Sepakat Panelis Debat Capres Teken Pakta Integritas Jaga Rahasia Soal
KPU RI - Ketua KPU RI Arief Budiman (tengah) usai menggelar rapat koordinasi debat calon presiden (capres) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi-Ma'ruf, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo-Sandi, serta kedua moderator Tommy Cokro dan Anisha Dasuki di Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol No. 29 Menteng Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat koordinasi debat calon presiden (capres) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi-Ma’ruf, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo-Sandi, serta kedua moderator Tommy Cokro dan Anisha Dasuki. Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan telah disepakati seluruh panelis debat akan menandatangani pakta integritas menjaga kerahasiaan soal-soal debat.

“Kami tadi sepakati, karena ini rahasia, sangat rahasia bahkan, panelis dan moderator akan menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan bahasan, atau proses pembahasan dan rumusan narasi pertanyaan ke pihak luar,” kata Arief usai melakukan rapat di kantornya, Jalan Imam Bonjol no. 29 Menteng Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Arief menegaskan materi yang dibuat panelis akan dijaga kerahasiaan, bersama moderator yang nantinya akan memandu jalannya debat capres kedua.

(Baca Juga : Bukan Najwa Shihab, Ini Moderator Debat Capres Kedua)

Sebelumnya KPU RI telah menyiapan delapan panelis yaitu Rektor ITS Joni Hermana, Rektor IPB.Arif Satria, dan Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati.

Selanjutnya ada ahli pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi UGM Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P Hadi, Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA) Dewi Kartika, serta pakar hukum lingkungan Unair Suparto Wijoyo.

Keputusan penandatangan pakta integritas ini disambut dengan senang oleh BPN 02 Prabowo-Sandi. Sebelumnya Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso mengusulkan agar panelis harus diambil sumpah untuk menjaga kerahasiaan soal-soal debat capres.

“Semua panelis itu menandatangani pakta integritas, yang intinya menjaga reputasi, integritas dan yang lebih penting tidak membocorkan isi-isi atau substansi dari pertanyaan debat yang mereka siapkan,” ujar Priyo dalam kesempatan yang sama.

Dari TKN 01, Lukman Edy pun menyatakan bahwa Jokowi siap menghadapi debat capres kedua yang akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat kedua ini bertemakan isu sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, serta infrastruktur yang akan disiarkan di stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan Inews TV. (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib