Tampilan Desktop


KPU Segera Usul Pelantikan Bupati Terpilih 4 Daerah di Sultra
726 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pelantikan pasangan calon (paslon) bupati terpilih 4 kabupaten yakni Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Utara (Butur), dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara (Sultra) segera diusulkan KPU ke DPRD masing-masing.

HIdayatullah

HIdayatullah

Hal itu menyusul gugatan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di 4 daerah itu telah ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK) berdasarkan putusan sela yang berlangsung di gedung MK, Jakarta, Senin sore (25/1/2016).

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, dengan adanya putusan MK yang menolak gugatan di 4 daerah itu maka tidak ada halangan lagi bagi KPU untuk memplenokan dan mengusulkan paslon bupati terpilih untuk dilantik.

“Gugatan di 4 daerah itu sudah ditolak oleh MK, hanya satu pertimbangannya yakni soal selisih suara yang mencapai 2 persen. Untuk saat ini hanya Muna yang belum terjadwal sidang putusan selanya di MK,” kata Dayat, sapaan akrab Hidayatullah melalui telepon selulernya di Jakarta, Senin malam (25/1/2016).

Usai pembacaan putusan di MK tersebut, KPU  masing-masing di 4 daerah itu akan melakukan rapat pleno penetapan paslon bupati terpilih. Untuk sampai pada pelantikan maka paslon bupati terpilih diusulkan KPU ke DPRD masing-masing, lalu melalui proses di pemerintah kabupaten, gubernur, dan terakhir di Kementrian dalam negeri (kemendagri).

Berikut paslon bupati terpilih yang akan segera dilantik:
Kabupaten Konawe Utara (Konut)
– Ruksamin-Raup (PAN, PBB, dan Golkar)
Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep)
– Amrullah-Andi Muhammad Lutfi (PKPI, PBB, Gerindra, dan Demokrat)
Kabupaten Wakatobi
– Arhawi – Ilmiati Daud (PAN, Gerindra, PKS, PBB, Hanura, Golkar, Nasdem, dan PKPI)
Kabupaten Buton Utara (Butur)
– Abu Hasan-Ramadio (PDIP, Demokrat, dan PKB)

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com