iklan zonasultra

KPUD Bombana Rangkul Generasi Milenial Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPUD Bombana Rangkul Generasi Milenial Tingkatkan Partisipasi Pemilih
FESTIVAL - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana menggelar kegiatan festival seni dan budaya di halaman kantor KPUD setempat, Rabu (6/3/2019). Kegiatan ini sebagai upaya merangkul generasi milenial alias pemilih pemula yang ada di daerah itu. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus gencar meningkatkan partisipasi pemilih dengan menggelar berbagai kegiatan yang menyasar 10 basis pemilih. Salah satunya merangkul generasi milenial alias basis pemilih pemula melalui perhelatan festival seni dan budaya di halaman kantor KPUD setempat, Rabu (6/3/2019).

Pada kesempatan itu, Ketua KPUD Bombana Aminuddin menekankan pentingnya kedaulatan rakyat dalam menyalurkan hak pilihnya, utamanya bagi kalangan pemilih pemula.

Kegiatan ini, kata Aminuddin tentu memberi ruang bagi kalangan generasi milenial untuk berekspresi. Dan yang tak kalah penting mereka bisa peduli dan menyalurkan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

Aminuddin berharap melalui pagelaran seni dan budaya ini, partisipasi pemilih di Bombana juga meningkat.

Dia melanjutkan, para pemilih pemula dirangkul untuk menyajikan beberapa perlombaan, meliputi lomba tari modern, konser musik dan puisi yang bertema demokrasi. KPU berupaya menyentuh basis pemula melalui ragam kegiatan yang mereka gemari.

KPU pun menginginkan basis pemilih pemula sudah harus mempersiapkan diri untuk bisa hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) di hari H pemilihan nanti, khususnya bagi yang telah memasuki usia 17 Tahun.

Ketua KPU Bombana juga menekankan pentingnya menghindari adanya ujaran kebencian atau berita bohong (hoaks) bagi kalangan basis pemula. Begitupula dengan mengajak mereka untuk menghargai perbedaan pilihan.

” Perbedaan pilihan itu merupakan sebuah anugerah bagi kita semua. Jadi kita sebagai pemilih pemula tidak boleh terprovokasi dengan adanya isu yang berbau hoaks, tentukan pilihan itu sesuai hati nurani,” tandasnya.

Aminuddin juga menekankan kepada kontestan pemilu agar mampu bersaing secara sehat, peduli aturan sesuai tahapan dan mampu menghindari adanya kegiatan sosialisasi yang berpotensi menimbulkan kegaduhan di kalangan masyarakat.

” Motto KPU adalah KPU melayani. Jadi, aturan kepemiluan itu wajib kita patuhi demi menyukseskan pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan kondusif,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib