iklan zonasultra

KPUD Mubar Mulai Rekrut Relawan Demokrasi

LM Nuzul Ansi
LM Nuzul Ansi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019 ini.

Adapun jumlah Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibutuhkan maksimal 55 orang dan mewakili seluruh basis pemilih. Ketentuannya setiap basis pemilih terdiri dari minimal empat orang relawan. Pendaftaran mulai dilakukan hari ini, Kamis, (10/1/2019) sampai Sabtu (12/1/2019) di Sekretariat KPUD Mubar.


Komisioner KPUD Mubar LM Nuzul Ansi menyebut ada 11 basis yang akan menjadi tujuan sosialisasi para relawan itu yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas. Selanjutnya, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi itu sendiri.

Tujuan pembentukan relawan demokrasi yang akan mulai bertugas pada 17 Januari 2019 nanti adalah untuk meningkatkan kualitas dalam proses pemilu. Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses berdemokrasi, meningkatkan partisipasi pemilih dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu demokrasi.

“Jadi relawan demokrasi ini, bertugas untuk membantu KPU dalam mensosialisasikan dan memberikan pemahaman atau pendidikan tentang pemilu serentak ini,” kata Nuzul Ansi di kantor KPUD Mubar, Kamis (10/1/2019).

Adapun sasaran pelaksanaan sosialisasi yang akan dilakukan oleh Relawan Demokrasi nantinya, yakni pelaksanaan Sosialisasi dan Pendikan Pemilih sesuai dengan Peraturan KPU nomor 10 tahun 2018, Pasal 5 Ayat 1 Huruf a.

“Karena relawan demokrasi ini adalah subjek, maka hanya 10 basis itu yang akan menjadi sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih nantinya,” jelasnya.

Nuzul berharap dengan dibentuknya relawan demokrasi (relasi) dapat membantu kerja-kerja KPUD Mubar dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019.

“Kita mengajak seluruh masyarakat yang ingin menjadi relawan demokrasi untuk segera mendaftar dirinya kepada KPU Mubar, dan pendaftaran ini terbuka untuk umum,” tuturnya. (B).

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib