Tampilan Desktop


La Ode Songko Panatagama (DON) Balon Bupati Mubar Paling Di waspadai
106 Dibaca

OPINI – Semakin dekatnya kontes pilkada serentak tahun 2017 mendatang,  membuat semua figur yang ikut dalam bursa pertarungan dibeberapa daerah di sultra termasuk muna barat mulai pasang kuda-kuda. Ya, salah satunya sosok LSP yang telah diklaim oleh seluruh elemen masyarakat Sultra itu bernama panggilan “DON” itu. Keakraban sosok LSP kepada seluruh elemen pemuda, cendekiawan muslim, birokrasi, termasuk aparatur kepolisian, serta insan akademisi membuat para pesaingnya seperti PJ Bupati muna barat sebagai sang petahana sangat mewaspadai pergerakan Laode Songko panatagama.

Laode Songko panatagama.

Laode Songko panatagama.

Taktik gerilya seperti apa yang diperankan oleh jenderal besar Sudirman dalam menumpas kaum penjajah belanda saat itu disinyalir oleh para konsultan politik calon calon lain di mubar sebagai taktik yang saat ini diperankan oleh LSP.

Hari ini kebanyakan masyarakat muna barat terutama yang berdomisili di wilayah lawa raya, sangat antusias mendiskusikan balon yang satu ini karena sifat loyalnya kesesama manusia yang bukan hanya untuk kalangan elit, tetapi juga masyarakat biasa.  Banyak wacana yang bermunculan di muna barat hari ini bahwa hanya sosok LSP/DON yang sanggup membendung hegemoni Rajiun Tumada di muna barat dengan alasan bahwa LSP itu adalah putra asli daerah muna barat yang sangat peduli dengan tanah kelahirannya.

Dan spekulasi besar yang bermuncullan saat ini bahwa seandainya Laode Songko panatagama tidak jadi tampil dalam kontestasi pilkada muna barat kedepan, maka hampir bisa dipastikan bahwa bapak Rajiun Tumada sebagai sang petahana akan menang telak dalam percaturan politik muna barat kedepan.

Begitupula analisa politik dari salah satu lembaga pemuda yang di komandoi oleh Muhammad Karunia Djafar ST , Forum Pemuda Pemerhati Keadilan (FPPK) SULTRA bahwa pada dasarnya sosok la Ode Songko Panatagama paling dinantikan kehadirannya untuk tampil sebagai balon bupati Muna barat kedepan, karena hanya beliaulah yang mampu mengimbangi dan bahkan membuat peta politik muna barat jadi kocar kacir. Yang tadinya mungkin sangat terhegemoni dengan sang petahana Rajiun Tumada , bisa bisa keadaan politik bakal jungkir balik dengan hadirnya sosok La Ode Songko panatagama, sosok yang mempunyai nama julukan ‘DON’ di bumi anoa Sultra.

 

Penulis : Muhammad Karunia Djafar, ST

Ketua Forum Pemuda Pemerhati Keadilan dan Ketua Dewan penyantun kabinet Pongkaruta Sultra

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com