Tampilan Desktop

Landasan Pacu Bandara Sugimanuru Bakal Diperpanjang
385 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO– Panjang landasan pacu Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tengara (Sultra), bakal diperpanjang sejauh 200 meter dari 1.400 meter yang telah dibangun.

Landasan Pacu Bandara Sugimanuru Bakal Diperpanjang

La Ode Hanafi

Kepala Dinas Perhubungan Muna Barat, La Ode Hanafi mengatakan, proyek penambahan landasan pacu di Bandara Sugimanuru sejauh 200 meter ini, akan dilaksanakan tahun anggaran 2016 dengan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Dengan penambahan panjang landasan pacu ini, nantinya kita harapkan bisa mendarat pesawat yang lebih besar dari yang sebelumnya,” kata La Ode Hanafi, Senin (22/2/2016).

Sementara itu, Kepala Bandara Sugimanuru Muh. Sabu mengatakan, perpanjang landasan ini memungkinkan pesawat jenis ACR 72/600 mendarat di bandara Sugimanuru.

“Proyek pembangunan penambahan panjang landasan pacu ini masih kita lelang,” ujarnya.

Dia mengungkapkan untuk sementara bandara Sugimanuru berhenti beroperasi akibat minimnya penumpang. Sebelumnya, bandara yang dibangun era Bupati Muna Ridwan Bae ini, hanya melewati penumpang dengan rute Muna Barat-Kendari.

Menyikapi berhentinya operasi bandara Sugimanuru, La Ode Hanafi mengatakan, pihaknya kedepan akan merubah rute penerbangan menjadi Muna Barat-Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami sudah difasilitasi oleh Dirjen Perhubungan Udara, nantinya kita akan masuk penerbangan seperti Lion Air dan Garuda Indonesia ke Bandara Sugimanuru. Kedua maspakai penerbangan itu sudah merespon positif hal ini,” ujar Hanafi.

 

Penulis : Marly Pilok
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com