iklan zonasultra

iklan zonasultra

Lantik PAW PPS Kecamatan Puuwatu, Ketua KPU Kendari Minta Anggotanya Jaga Sikap

Lantik PAW PPS Kecamatan Puuwatu, Ketua KPU Kendari Minta Anggotanya Jaga Sikap
PELANTIKAN PAW - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari melantik dan mengambil sumpah dua anggota panitia pemungutan suara (PPS) hasil penganti antar waktu (PAW) di aula KPU setempat, Senin (5/11/2018). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari melantik dan mengambil sumpah dua anggota panitia pemungutan suara (PPS) hasil penganti antar waktu (PAW) di Aula KPU setempat, Senin (5/11/2018). Dua anggota penyelenggara adhoc ini dilantik lantaran petugas sebelumnya mengundurkan diri.

Dua orang penyelenggara pemilu level kelurahan tersebut adalah Rasman Sale sebagai PPS Kelurahan Punggolaka dan Hendrayaka Utama sebagai anggota PPS Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Keduanya dilantik berdasarkan Surat Keputusan nomor: 149/PP.01.5-Kpt/7471/KPU-Kot/X/2018.

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Saleh, mengingatkan agar dua anggota PPS yang baru dilantik harus selalu menjaga diri dan integritas pribadi. Menjauhi perbuatan melanggar hukum, serta memelihara kehormatan lembaga penyelenggara pemilu.

“Dilarang berkomunikasi atau bertemu dengan peserta pemilu dalam hal ini calon legislatif di luar sekretariat, karena akan berdampak buruk terhadap tugas-tugas sebagai penyelenggara pemilu,” tegasnya.

Lanjutnya, anggota PPS yang dilantik diharapkan langsung melaksanakan tugas sesuai tahapan pemilu yang sedang berjalan, yakni penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP)-1 dan kampanye.

“Tidak ada lagi orientasi tapi setelah dilantik langsung bekerja yakni membantu dua PPS yang sudah bekerja dalam melakukan pencocokkan dan penelitian (coklit) terbatas pemilih di wilayah saudara. Dan juga mempersiapkan pelaksanaan rekapitulasi tingkat PPS DPTHP-2 yang waktunya tinggal beberapa hari lagi,” ungkap Jumwal.

Pada kesempatan ini, Jumwal juga menegaskan kepada anggota PPS yang dilantik agar memahami serta mendalami benar atas sumpah yang telah diucapkan khususnya terkait dengan tanggungjawab etik sebagai penyelenggara pemilu.

“Di dalam sumpah tadi, Anda menyatakan tidak menjanjikan sesuatu kepada pihak tertentu atau kepada peserta pemilu. Olehya itu saya ingatkan betul agar sumpah ini dipegang dengan baik,” ungkapnya.

Pelantikan ini turut dihadiri tiga komisioner KPU Kota Kendari yakni, Asril, Alasman Mpesau, dan Sri Marliyah Putri, Sekretaris KPU Wasil, dan sejumlah pejabat serta karyawan Sekretariat KPU Kota Kendari. (A)

 


Reporter: Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib