Tampilan Desktop



Lanud Siapkan 500 Ha Lahan Jagung dan Kedelai, Bupati Konsel: Pastikan Pasarnya Dulu
22 Dibaca

Komandan Lanud WMI Kendari Letnan Kolonel Penerbang (Pnb) Dedi Susanto menyatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab Konsel dengan menyiapkan lahan. Rencananya, komoditi yang akan dikembangkan

Komandan Lanud WMI Kendari Letnan Kolonel Penerbang (Pnb) Dedi Susanto menyatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab Konsel dengan menyiapkan lahan. Rencananya, komoditi yang akan dikembangkan pada lahan itu adalah jagung dan kedelai, sebab padi tidak memungkinkan karena masalah pengairan.

“Kalau misalnya disetujui kemungkinan kita akan kerjasama dalam pemanfaatan lahan tidur yang dimiliki oleh lanud yang luasnya sekitar 400-500 ha. Kita tawarkan ke pemda, kira-kira dengan lahan tidur yang sangat luas tersebut bisa memanfaatkan apa dan rencanannya kita mau memanfaatkan dalam membantu program pemerintah yakni swasembada pangan,” jelas Dedi di Andoolo, Kamis (8/1/2015).

Pernyataan Dedi ini disampaikan saat bertemu dengan Bupati Konsel Imran, yang menyambut baik rencana danlanud tersebut. Bahkan menurutnya, bukan hanya lahan lanud yang dapat diolah, tapi juga lahan-lahan milik masyarakat di sekitarnya.

Hanya saja, Imran sedikit pesimis dengan prospek komoditas yang akan diusahakan. Hal itu berkaca pada pengalaman sebelumnya, ketika program penanaman jagung Sulawesi digalakkan di Konsel. Ternyata setelah berproduksi, petani kesulitan memasarkan hasilnya.

“Kira-kira lima tahun lalu ada istilah jagung Sulawesi dan kita pernah menanamnya. Hasilnya lebih mahal dijual di pinggir jalan daripada dibeli ke petani langsung. Jadi sekarang ini soal pasar dulu. Mau beli jagung rakyat itu berapa, setelah itu kita tandatangan MoU,” tegas Imran.(*/Efan)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free