Tampilan Desktop


Libur Lebaran Berakhir, Arus Balik di Terminal Kendari Normal
26 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Berakhirnya libur Lebaran Idul Fitri pada Selasa (21/7/2015) hari ini nampaknya tidak berdampak pada melonjaknya jumlah penumpang di dua terminal di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Di Terminal Puwatu misalnya, tidak terjadi lonjakan penumpang yang begitu signifikan. Kalaupun terjadi, kisarannya hanya sebesar 10 persen saja.

Kepala UPTD Terminal Kendari, M Ilham Saranani mengatakan, sama halnya dengan arus mudik, arus balik kali ini juga tidak terjadi lonjakan. Berdasarkan analisanya, hal ini terjadi lantaran para pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun merental mobil ketimbang naik angkutan umum.

“Di Terminal Puwatu ini paling banyak penumpang berasal dari Kolaka dan Konawe Utara untuk penumpang jauh. Sedangkan untuk penumpang dekat seperti dari Konawe jumlahnya tidak terlalu signifikan,” kata Ilham ditemui di Terminal Puwatu, Selasa (21/7/2015).

Sementara di Terminal Baruga, berdasarkan pantauan Zonasultra.com, penumpang arus balik terlihat sepi. Kebanyakan penumpang justru berasal dari Kendari yang hendak menuju ke Bombana.

Kabid Darat Dinas Perhubungan Kota Kendari, Agus Susanto menerangkan, khusus Terminal Baruga jumlah penumpang relatif stabil. Jika dibandingkan dengan penumpang tahun lalu, pada tahun ini jumlahnya mengalami penurunan.

“Khusus untuk terminal Baruga ini kan hanya melayani penumpang ke Konsel dan Bombana. Jadi jumlahnya pun tidak signifikan,” tuturnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com