Tampilan Desktop



Lima Bulan Menunggu, Akhirnya Pemkab Konsel Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung
79 Dibaca

Lima Bulan Menunggu, Akhirnya Pemkab Konsel Serahkan Bantuan Korban Puting BeliungBENCANA ALAM – Bupati Konsel saat menyerahkan bantuan bencana alam angin puting beliung yang terjadi pada Februari lalu di dua kecamatan di Konsel, Jumat (21/7/2017). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Warga korban bencana puting beliung di dua kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yaitu Kecamatan Andoolo dan Palangga akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya, pasca bencana Februari 2017 lalu, akhirnya hari ini Pemda Konsel menyerahkan bantuan bagi korban yang terkena dampak bencana tersebut.

Lima Bulan Menunggu, Akhirnya Pemkab Konsel Serahkan Bantuan Korban Puting BeliungBupati Konsel Surunuddin Dangga dalam sambutanya mengatakan, meskipun terlambat berbulan-bulan masyarakat penerima bantuan perlu bersyukur atas bantuan yang disalurkan saat ini. Pasalnya anggaran Rp 1,5 miliar yang disiapkan pemerintah daerah untuk menangani bencana alam di tahun 2017 ini telah lebih dulu habis akibat banyaknya bencana alam yang terjadi di wilayah Konsel.

“Lebih baik terlambat dari pada tidak ada sama sekali, tentunya ini perlu kita syukuri, sebab kita dapat perhatian lebih karena bantuan ini dari pemerintah pusat,” kata Surunuddin saat menyerahkan bantuan secara simbolis pada warga korban bencana alam di Desa Kiaea, Kecamatan Palangga, Jumat (21/7/2017).

Mantan anggota DPRD Sultra ini menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dan meminta kepada kepala desa dan pemerintah kecamatan agar tidak memanfaatkan bantuan itu untuk meraup keuntungan pribadi.

“Dulu-dulu banyak saya sinyalir kalau ada bantuan material seperti ini banyak yang bermain, tadinya bantuan atap seng, dijual sengnya diganti pakai atap rumbia jangan lagi ada seperti itu,” singgungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konsel Armansyah menjelaskan keterlambatan itu diakibatkan karena penyaluran bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penaggulangan Bencana baru disetujui dan disalurkan pada Juni 2017.

Lima Bulan Menunggu, Akhirnya Pemkab Konsel Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

“Yang kita salurkan pada korban bencana alam angin puting beliung ini yang terjadi pada 15 Februari 2017 lalu, kita sempat kehabisan anggaran makanya waktu itu kita data dulu lalu kita laporkan ke BNPB di Jakarta. Alhamdulillah proposal permintaan yang kita minta disetujui,” ungkap Armansyah pada awak Zonasultra.com.

Lebi lanjut Armansyah menjelaskan, jumlah rumah yang terkena bencana di wialayah itu sebanyak 51 rumah terdiri dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Palangga dengan kategori rusak ringan sebanyak 14 rumah, rusak sedang sebanyak 19 rumah dan rusak berat sebanyak 18 rumah.

“Yang diberikan berupa bahan bangunan seperti paku, atap seng, balok, dan papan yang kisaran anggaranya kurang lebih mencapai Rp. 648 juta. Selain itu ada juga bantuan jenis sembako yang kita berikan senilai Rp. 70 juta,” jelasnya. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free