Tampilan Desktop

LIRA: SK Bupati Konsel Abaikan UU Minerba
35 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI.- Prosedur pengalihan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) dari PT. Integra Mining Nusantara (IMN) kepada PT. Mega Tambang dan PT. Mega Nikel Indonesia oleh bupati Konawe Selatan, dinilai menyalahi aturan karena telah mengabaikan Undang-Undang Mineral dan Batubara (Minerba) nomor 4 tahun 2009. Demikian dikemukakan aktivis Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Konawe Selatan, Emil Nurjadin, Senin (22/06/2015).

Menurut Emil, surat keputusan (SK) Bupati Konawe Selatan nomor 540/1143 Tahun 2014 dan nomor 540/1142 Tahun 2014 bertentang dengan UU Minerba khususnya pada pasal

93 ayat 1 yakni pemegang IUP dan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus)tidak boleh memindahkan IUP dan IUPK-nya kepada pihak lain dan dipertegas lagi Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2012 pasal 7 huruf A.

“Dengan terbitnya SK Bupati Konsel itu, kami nilai sangat bertentangan dengan ketentuan perundangan yang berlaku dan ironisnya, kami juga sudah menyurat ke pihak DPRD Konawe Selatan untuk memanggil Kadis Pertambangan Konsel agar mengklarifikasi maksud dan tujuan terbitnya SK Bupati tersebut namun sampai saat ini kadis pertambangan Konsel tidak pernah hadir.” Sesalnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pihak-pihak yang berkompeten agar SK Bupati Konsel tersebut segera dicabut atau dibatalkan, dengan ketentuan dilakukan pengkajian kembali agar isi SK Bupati tersebut tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Ditempat terpisah Kadis Pertambangan dan Energi Provinsi Sulawesi Tenggara, Burhanudin menyatakan akan mempelajari isi SK Bupati tersebut dan meminta kepastian hukum dari Kementerian Minerba di pusat.

“Saya tidak bisa memberikan tanggapan dulu soal mana yang benar atau salah, saya harus konfirmasikan dulu dengan pihak kementerian.” Jawabnya singkat.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com