Tampilan Desktop


Lokasi Sempat Disoal Warga, Pembangunan PLTS di Konsel Kini Sudah Tidak Ada Masalah
97 Dibaca

ZONASULTRACOM, ANDOOLO – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sempat dipermasalahkan oleh masyarakat Desa Tambeanga karena letaknya yang berada di daerah ketinggian dan rawan longsor, kini telah diselesaikan oleh pemerintah daerah setempat.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga

Surunuddin Dangga

Penyelesaian tersebut setelah Bupati Konsel Surunuddin Dangga menurunkan tim khusus mengecek kebenaran hal tersebut. Hasilnya, penunjukkan dan penentuan lahan telah sesuai dengan koordinasi dari pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya  Mineral (ESDM) RI.

Surunuddin mengatakan, pembangunan PLTS sejauh ini sudah tidak mengalami masalah. “Sudah jelas, tidak ada lagi masalah,” katanya, Rabu (7/9/2016).

Melalui tim yang dibentuk, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa. Selain itu, untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penempatan lokasi pembangunan, tim tersebut juga telah berkomunikasi dengan pihak Kementerian ESDM.

Artikel Terkait : Lokasi Rawan Longsor, Masyarakat Konsel Persoalkan Pembangunan PLTS Tambeanga

“Tidak ada pengalihan lokasi karena koordinatnya sudah ditentukan pemerintah pusat (ESDM),” ujar politisi Golkar itu.

Terkait permasalahan tanah hibah, di mana pemiliknya meminta ganti rugi lahan, Surunuddin menegaskan bahwa hal itu juga telah diselesaikan. Sebab, apabila Kepala Desa Tambeanga tidak dapat menyelesaikan hal itu, maka pembangunannya akan dipindahkan ke desa lain.

“Ini juga untuk kepentingan desa. Sudah ada pernyataan kalau kepala desa tidak bisa selesaikan, maka dipindahkan ke desa lain,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com