Tampilan Desktop


Mahasiswa 4 Universitas di Sultra Ini Bersaing di OSN Pertamina 2015
72 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 276 mahasiswa dan 15 tim proyek sains dari Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Universitas Lakidende (Unilaki) Konawe dan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau mengikuti seleksi lokal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015.

Ratusan mahasiswa ini akan bersaing menjadi yang terbaik untuk mewakili Sultra di tingkat nasional. Seleksi OSN Pertamina 2015 di Sultra dipusatkan di Fakultas MIPA Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Kamis (15/10/2015).

Pembukaan seleksi dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Rianda Baka bersama Sales Excekutif Retail Depot Pertamina Kendari, Deni Nugrahanto, Dekan Fakultas MIPA Muhammad Zamrun dan Perwakilan dari Universitas Indonesia.

Presiden Direktur dan CEO PT Pertamina, Dwi Soetjipto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sales Excekutif Retail Depot Pertamina Kendari, Deni Nugrahanto mengatakan, sebagai BUMN dan salah satu pendorong perekonomian nasional, pihaknya terus berupaya mengembangkan pendidikan, baik di pendidikan dasar maupun di pendidikan tinggi serta pengembangan riset untuk memunculkan pribadi-pribadi berkualitas yang mampu memberikan sumbangsihnya bagi Indonesia. Salah satunya melalui OSN.

“Insya Allah OSN akan menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan bibit-bibit putra putri bangsa yang kelak bisa membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik,” kata Deni.

Berbeda dengan OSN tahun sebelumnya kata Deni, tahun ini pelaksanaan proyek sains akan fokus pada tema tunggal ” Energi Baru dan Terbarukan”. Hal ini untuk mewujudkan cita-cita bauran energi pemerintah tahun 2025 nanti di mana 25 persen dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan energi baru terbarukan.

“Melalui OSN ini kami ingin meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di bidang energi baru dan terbarukan sejak dini,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Rianda Baka berharap OSN Pertamina 2015 akan menghasilkan karya-karya terbaik yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Meskipun jumlah peserta tahun ini berkurang, namun keinginan kita untuk selalu memberikan yang terbaik kepada daerah dan dan bangsa kita tidak boleh menurun,” kata La Rianda.

Dia juga berharap mahasiswa yang terpilih mewakili Sultra bisa tampil maksimal dan mengharumkan nama daerah.

Penyelenggaraan OSN Pertamina 2015 terdiri atas tiga tahap, yakni pendaftaran peserta, seleksi tingkat provinsi berupa babak penyisihan yang dilakukan serentak di 42 perguruan tinggi mitra yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia dan seleksi tingkat nasional pada 21-26 November 2015.

OSN Pertamina 2015 ini mengkompetisikan dua katagori yaitu kategori teori (Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika) dan kategori proyek sains (energi baru dan terbarukan).

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com