Tampilan Desktop



Mahasiswa Kembali Demo Tuntut Perbaikan Jalan di Butur
245 Dibaca

Mahasiswa Kembali Demo Tuntut Perbaikan Jalan di Butur DEMO – Puluhan massa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Kambowa (HIPMAKKA) Kendari menggelar aksi damai di eks MTQ Kendari, Rabu (2/8/2017). (Cr-3/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Puluhan massa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Kambowa (HIPMAKKA) Kendari menggelar aksi damai di eks MTQ Kendari, Rabu (2/8/2017). Dalam orasinya, mahasiswa menuntut perbaikan jalan sepanjang 80 km di Kabupaten Buton Utara yang telah sekian lama mengalami kerusakan.

“Saya tekankan kepada semua anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) agar bisa menyambut baik maksud kami dalam menyampaikan aspirasi masyarakat yang ada di Buton Utara. Kasihan orang-orang tua kami yang tersiksa menempuh jalan sepanjang itu, tolong jawab keluhan kami ini yang mewakili mereka di sana,” kata Koordinator lapangan (Korlap) HIPMAKKA-Kendari, Risno Mawandili.

Mahasiswa meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sultra beserta Dinas PU Kabupaten Buton Utara agar segera memperbaiki jalan itu.

Selain itu, HIPMAKKA juga meminta agar DPRD Sultra mengundang gubernur bersama dinas PU dan DPRD Buton Utara untuk membahas perbaikan jalan di wilayah itu.

Dalam aksi itu, mahasiswa sempat berniat membakar ban bekas. Namun pihak kepolisian yang berjaga di kantor DPRD Sultra langsung mencegatnya.

Aksi dihentikan setelah semua massa diarahkan masuk ke ruang rapat. Namun mereka kecewa lantaran tidak ada anggota DPRD yang menemuinya. Mahasiswa yang meminta dilakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan instansi terkait, diterima oleh Kepala Bagian Pengawasan dan Penganggaran, Andi Raja Langi.

Pihaknya tidak bisa memastikan RDP diilaksanakan. Sebab, Komisi yang bersangkutan lagi dalam perjalanan dinas.

“Saya mohon kesabarannya semua, kami juga tidak bisa memastikan kapan waktu yang tepat untuk membahas masalah ini karena ketua komisi IIi DPRD Sultra berada di Jakarta,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, mahasiswa tetap ngotot dan tidak percaya jika ketua komisi III sedang berada di luar daerah. Mereka pun memaksa memeriksa ruangan ketua komisi.

Atas desakan itu, Kepala Sub Bagian penganggaran, Ambo Tuo memberikan nomor handphone ketua Komisi III agar menghubunginya. “Kalau tidak percaya, hubungi saja dinomornya, ” ucapnya.

Para mahasiswa mengancam akan terus melakukan aksinya hingga tuntutan mereka dipenuhi. Menurut mahasiswa, sejak 2007 hingga sekarang jalan penghubung antar provinsi itu belum pernah tersentuh perbaikan. (C)

 

Reporter : Cr-3
Editor. : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free