Tampilan Desktop



Mahasiswa KKN USN Kolaka Sosialisai Program Training Web Personal dan Media Pembelajaran di Wawotobi
58 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA — Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan IV tahun 2017 Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar sosialisasi program pelatihan web personal dan media pembelajaran kepada warga kelurahan Inalahi dan siswa di kecamatan Wawotobi, kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (20/8/2017).

Gedung Auditorium USN

Gedung Auditorium USN

Rektor USN Kolaka, Azhari melalui Kasubag Kerjasama dan Humas Takwa menjelaskan, program pelatihan itu menyasar semua warga serta siswa mulai dari SD, SMP dan SMA di wilayah tersebut, Program tersebut, telah disosialisasikan pada kegiatan seminar tingkat kelurahan baru-baru ini.

Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN Angkatan IV USN Kolaka, Qamaddin via selulernya mengatakan, di posko mahasiswa bimbingannya itu,
setidaknya anak mahasiswa telah mengemas paket program kerja berdasarkan kebutuhan urgen warga masyarakat, yang saat ini memang sudah konsen dengan perkembangan dan kebutuhan informasi dan teknologi dalam rangka mendukung aktivitas keseharian mereka.

“Sebagai contoh tawaran penggalian potensi diri untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) bagi siswa serta manajemen administrasi perkantoran dan computer termasuk sosial media dan portal kelurahan yang berbasis web sangat mereka perlukan,” kata Qamadin melalui telepon selulernya, Senin (21/8/2017) malam.

Menurutnya, kehadiran para mahasiswa KKN di daerh itu dapat bersinergi dan membantu kebutuhan masyarakat itu, apalagi mereka diajari langsung oleh mahasiswa dari program studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) USN Kolaka.

Dosen FTI USN Kolaka itu menilai, hal mendasar dari kegiatan tersebut adalah selain memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada para mahasiswa tentang penerapan dan pengembangan IPTEK di luar kampus dan terampil dalam pemecahan masalah, masyarakat juga memperoleh bantuan pemikiran dan ilmu pengetahuan dengan terbentuknya link and match antara dunia pendidikan tinggi dengan msyarakat sebagai stakeholder.

Sementara Kepala SMA Negeri Wawaotobi Mustamin mengapresiasi upaya para mahasiswa KKN itu. Kata dia, program pelatiah itu sangat membantu pihak sekolah, khususnya guru-guru dalam pemanfaatan media pembelajaran.

“Ini juga memberikan stimulan bagi guru-guru dalam berinovasi sehinggamenjadi guru yang professional, “ kata Mustamin.

Demikian juga Lurah Inalahi, Kecamatan Wawotobi Uswan Lasahari. Dia sangat mengapresiasi pelatihan yang diprogramkan oleh mahasiswa USN Kolaka itu.

“Kegiatan KKN USN sangat jauh berbeda dengan KKN sebelumnya. Dengan berbekal IPTEK yang dimiliki dapat disambut hangat oleh warga, bahkan utusan sekolah dan karang taruna. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan atau keinginan yang merespon kegiatan tersebut, “ katanya. (*)

 

Penulis: Abdul Saban

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free