Tampilan Desktop


Mahasiswa Tadulako Ubah Pembungkus Semen Jadi Aneka Tas Cantik
79 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim mahasiswa Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, mengkreasikan sampah pembungkus semen menjadi aneka tas yang cantik. Produk ini merupakan salah satu peserta lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), 5-9 Oktober 2015.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Ela Prisilia, Fadhlia Bambing dan Fildayana. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Fadhlia Bambing menyebutkan, ide awal penggunaan pembungkus semen ini menjadi tas didasarkan pada banyaknya sampah pembungkus semen yang berserakan di sekitar kampus Tadulako.

“Kampus kami lagi giat-giatnya melakukan pembangunan dan di sana (Tadulako) banyak pembungkus semen yang tidak termanfaatkan. Kami kemudian terpikir untuk menciptakan kerajinan dari pembungkus semen. Mulanya kami ingin membuat sajadah, tapi karena beberapa pertimbangan kami kemudian merubahnya menjadi tas,” beber Fadhlia ditemui di pameran produk PKM di Sport Centre UHO, Rabu (7/10/2015).

Untuk menghasilkan satu buah tas lanjutnya, mahasiswa ini menggunakan satu pembungkus semen saja. Dalam proses pembuatannya, mereka dibantu warga yang telah menjadi mitra, khususnya di proses penjahitan.

“Satu tas kami banderol dengan harga Rp 65.000. Untuk saat ini produk kami ini sudah dijual di kampus. Kami juga lebih giat memasarkan lewat media sosial,” kata Fadhlia.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com