Tampilan Desktop


Mahasiswa Teknik Mesin Tampilkan Kompor Sumbu Berbahan Bakar Sampah Plastik di Expo 2016
487 Dibaca

mahasiswa-teknik-mesin-tampilkan-kompor-sumbu-berbahan-bakar-sampah-plastik-di-expo-2016

EXPO UHO – Prinop Askar (baju batik), dosen pembimbing mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik UHO, serta mahasiswa yang ikut serta dalam penelitian dan pengembangan redesain kompor sumbu bahan bakar sampah plastik. (Koko Ade Nasra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka memeriahkan Expo Program Studi lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2016, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik menampilkan karya redesain kompor sumbu berbahan bakar sampah plastik.

Dosen pembimbing penelitian mahasiswa Prinop Askar mengatakan, bahan bakar dari sampah plastik ini sebelumnya telah diuji coba pada kendaraan roda dua, dan hasilnya pun memuaskan. Dengan melihat permasalahan di masyarakat, penelitian ini dikembangkan menjadi bahan bakar dapur rumah tangga.

“Krisis energi merupakan pokok permasalahan yang dihadapi dunia saat ini, serta kurangnya pasokan minyak tanah dan elpiji di pedesaan menjadikan landasan utama mahasiswa Prodi Teknik Mesin melakukan penelitian ini, sehingga mampu menghasilkan bahan bakar yang ramah lingkungan serta hemat biaya,” terang Prinop ditemui di stand Fakultas Teknik, Rabu (10/12/2016).

“Hasil karya mahasiswa kami ini sebelumnya telah ditampilkan di Expo tahun 2015 lalu sebagai bahan bakar pada kendaraan roda dua,” kata Prinop.

Prinop menambahkan, Expo UHO ini menjadi sarana untuk mengenalkan keunggulan dan menampilkan hasil karya setiap jurusan kepada masyarakat yang berkunjung di sana. Kegiatan ini juga dapat dijadikan ajang untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Ke depan mahasiwa program studi Teknik Mesin berharap hasil karya mereka dapat dikenal masyarakat luas dan bisa bersaing di ajang nasional. (C/M1)

 

Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com