Tampilan Desktop

Mahasiswa Teknik UHO Jadi Ambasador XL Futures Leaders
210 Dibaca

Mahasiswa Teknik UHO Jadi Ambasador XL Futures Leaders

AMBASADOR XL – Agum Agidtama Gafar, Mohamad La Andi Rais, Nurul Fajriani, dan Indra Fransiskus Alam. Empat mahasiswa teknik UHO yang menjadi ambasador XL Future Leaders Batch 5. (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI –  Mahasiswa Teknik Universitas Haluoleo (UHO) Kota Kendari, kembali  mengharumkan nama perguruan tinggi negeri dengan slogan UHO Bisa Jagad Kita, pada ajang XL Futures Leaders Batch 5.

Mereka adalah Agum Agidtama Gafar, Nurul Fajriani, Indra Fransiskus Alam, dan Mohamad La Andi Rais. Keempat mahasiswa ini berhasil lolos dari 12.500 peserta yang mengikuti program tersebut se-Indonesia.  Mereka menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara pada ajang tersebut.

Saat ditemui, di Fakultas Teknik, Sabtu (29/10/2016), Agum sapaan akrabnya yang juga wakil ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika menceritakan bahwa sebelumnya dia pernah mengikuti ajang ini. Namun, sempat tidak lolos di  XL batch empat, ketika dia kembali mengikuti kegiatan  XL batch lima ini, dia akhirnya lolos 150 besar bersama tiga temannya.

Dalam kegiatan itu, mereka harus mengikuti tahapan seleksi secara online. Seperti pertama mengisi formulir data diri dan menjawab pertanyaan yang diberikan dalam formulir tersebut, contohnya project kreatif yang akan dilakukan nantinya.

Selanjutnya, mengikuti virtual tes untuk melatih soft skill. Pada tahap ini, katanya, mereka diajarkan bagaimana cara membuat curriculum vitae yang benar dan menangkal pertanyaan yang tidak terduga saat interview.

“Sebelum tahap kedua kami mengikuti pra test. Kami diberikan suatu masalah, seingat saya yaitu penggunaan balon open BTS, apakah bisa mengatasi permasalahan keterbatasan jaringan. Dan kami memberikan solusinya dan saran untuk kementerian,” jelas Agum.

Kemudian, tahap selanjutnya yaitu interview yang dilakukan pihak XL melalui via telepon kepada para peserta. Mereka juga melakukan konfirmasi, setelah mereka dinyatakan lolos untuk lanjut pada Nasional Conference di Jakarta.

Sementara itu, satu-satunya perempuan pertama yang berhasil lulus kompetesi XL Future Leaders, Nurul Fajriani, menambahkan jika dalam kegiatan ini akan diadakan nasional conference yang akan diadakan di Kantor Pusat XL di Jakarta pada tanggal 17 sampai 19 November 2016.

(Baca Juga : XL Kendari Berangkatkan Dua Owner Outlet Pulsa Tour ke Hongkong)

Pada nasional conference, kegiatan pertama yang mereka ikuti nanti adalah pengukuhan secara resmi peserta XL Future Leaders Batch 5. Dan, Lead competition, leader yang terpilih di seluruh Indonesia dibagi menjadi beberapa regional dan akan diberikan suatu masalah, kemudian mereka menyampaikan solusinya.

“Leader yang memberikan solusi terbaik, akan menjadi pemenang dalam lead competition,” jelas Nurul.

Nurul mengatakan pada ajang ini mereka akan memberikan kemampuan, passion, dan sebagai calon pemimpin mereka harus bisa mengatasi isu-isu global dengan solusi terbaik.

“Saya berharap dengan mengikuti ajang ini bisa menjadikan pribadi yang dapat memimpin. Yang jelasnya dapat menginspirasi orang lain,” ujarnya

Kegiatan ini merupakan, program dari XL yang bertujuan untuk melatih soft skill dalam melatih kepemimpinan yang dibutuhkan oleh para mahasiswa. Dimana mahasiswa dapat berkompeten dalam menghadapi tantangan besar di masa depan.

(Baca Juga: Mahasiswa Teknik UHO Ciptakan Drone Pemadam Api)

“Saya berharap dengan mengikuti program ini, soft skill bisa terlatih. Selain itu, bisa menambah pengetahuan, mengasah public speaking. Dan juga bisa membuktikan jika mahasiswa UHO bisa bersaing unjuk kemampuan pada ajang itu,” kata Agum..

Agum mengungkapkan, jika selama dua tahun mereka yang mewakili region Kendari, akan ke Makassar setiap dua bulan sekali untuk mengikuti kegiatan pelatihan soft skill.  (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor  :  Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com