Tampilan Desktop


Mahasiswa UHO Desak Militer RI Bantu Muslim Rohingya
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) yang tergabung dalam Gema Pembebasan menyerukan agar muslim rohingya dibantu. Dalam aksi demonstrasi di depan kampus UHO, Senin sore (25/5/2015), mereka meminta agar pihak militer RI mengirim pasukan dan menolong pengungsi muslim rohongya yang saat ini ditolak negara asean.

Kordinator gema pembebasan Kamsini mengatakan bukan saja pihak militer, namun masyarakat Indonesia juga dianggap perlu terlibat aktif dalam membantu muslim rohingya baik melalui bantuan dana maupun doa. Selain itu, mereka juga mengutuk keras pembantaian dan pengusiran terhadap warga muslim rohingya yang diusir dari negaranya, Myanmar.
“Kekerasan dan penindasan yang dilakukan terhadap muslim rohingya di Myanmar telah mengakibatkan penderitaan panjang. Mereka terusir dan terkatung-katung di laut. Sebagian mereka telah mati dan sebagian besarnya berhasil mendarat di pantai-pantai Aceh dan Malaysia,” kata Kamsini.
Kejadian ini tentu bukanlah kejadian terbaru dan pertama kali tetapi sudah bertahun-tahun dialami muslim rohingya di Myanmar. Mereka terancam menjalani kehidupan dengan penuh ketakutan.
Seperti diketahui, pemerintah melalui Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Sosial untuk membantu pengungsi Rohingya.
Pengungsi dari Rohingya, Bangladesh dan Myanmar yang ada di Aceh berjumlah 1.722 jiwa, terdiri dari 1.239 jiwa laki-laki, 244 jiwa perempuan, dan 238 jiwa anak-anak. Para pengungsi ini terdampar di perairan Aceh pada tanggal 10, 15, 16, dan 20 Mei 2015.
Saat ini para pengungsi itu sudah ditempatkan di tempat pengungsian yang tersebar di empat daerah, yaitu 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa, dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur. (Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com