Tampilan Desktop


Mahasiswa UHO : Media Online Cepat dan Gratis
145 Dibaca

Mahasiswa UHO : Media Online Cepat dan Gratis

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seiring berkembang tehnologi komunikasi, masyarakat semakin mudah dan cepat memperoleh informasi. Sama halnya dengan perkembangan media. Salahnya media online atau portal.

Media online dinilai lebih cepat dan mudah diakses oleh seluruh kalangan masyarakat, terkhusus mahasiswa.

Sitti Mardian, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Halu Ole (UHO) Kendari, mengungkapkan bahwa berita online kian banyak digunakan masyarakat sebagai sumber memperoleh informasi secara cepat.

“Bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini. untuk membuka berita online tersebut sudah dapat dilihat secara bebas di setiap smartphone yang kita miliki,” katanya, Kamis (10/3/2016).

Hal ini menambah ketertarikan masyarakat untuk memanfaatkan berita online sebagai partner setia penyalur informasi.

“Tidak bisa dipungkiri, terjadi penurunan konsumen media cetak yang beralih ke media online,” tutur Sitti

Dengan media online, lanjutnya, semua kalangan dengan mudah memperoleh informasi baru (up date), bahkan dalam hitungan menit dibanding dengan media cetak yang terbit secara harian, mingguan ataupun bulanan.

Hal yang sama juga dijelaskan Adrian, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol UHO). Menurutnya, zaman serba instan ini, masyarakat menginginkan suatu yang cepat, dengan proses yang lebih singkat.

“Media online dapat menjawab kebutuhan tersebut dibandingkan dengan media cetak,” ujarnya.

Media online yang dengan kecepatanya jauh mengalahkan media cetak, sepeti dalam contoh kasus di kampus UHO saat peristiwa banjir, seluruh berita online berlomba-lomba memberitakan setiap perkembangan banjir.

“Setiap detail perkembangan dapat langsung diberitakan oleh media online, sedangkan media cetak baru dapat memberitakan kejadian tersebut keesokan harinya,” tutur Adrian.

Selain kecepatan penyampaian informasi oleh media online, media online lebih praktis untuk dibawa kemana-mana karena dapat dilihat dalam smartphone secara gratis. Beda dengan media cetak yang dalam bentuk koran, majalah ataupun buku yang cenderung lebih sulit untuk selalu dibawa kemanapun.

“Ini juga yang mempengaruhi masyarakat lebih menyukai media online dibanding media cetak,” tukas Adrian.

 

Penulis : La Ode Muh. Fardan

Editor  : Kiki

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Website: http://zonasultra.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com