Tampilan Desktop


Mahasiswa UHO Sulap Kayu Sepang Jadi Lotion Anti Oksidan
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Di Sulawesi Tenggara (Sultra), kayu Sepang atau Secang (Caesalpinia sappan) banyak digunakan untuk pewarna minuman. Kayu ini juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit sehingga banyak dikonsumsi masyarakat setempat.

Banyaknya kegunaan kayu berwarna merah ini membuat Dwi Rizkah Nur A, mahasiswa Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tertarik untuk mengembangkan penelitian. Hasilnya, dia bersama kelompoknya berhasil memformulasikan ekstrak kayu Sepang menjadi lotion anti oksidan.

Penelitian inipun sukses mengantarkan tim mahasiswa tersebut menjadi peserta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di UHO yang digelar 5-9 Oktober 2015, dengan menyisihkan puluhan ribu proposal penelitian lainnya dari seluruh Indonesia.

produk pkmDwi menuturkan, munculnya ide untuk meneliti kayu Sepang berawal dari kunjungan salah seorang teman kelompoknya ke rumah neneknya yang mendapati minuman menggunakan pewarna dari kayu tersebut. Karena penasaran mereka akhirnya mencari literatur di internet dan mendapatkan
kandungan anti oksidan di dalam kayu itu.

“Dalam penelitian ini kami menemukan kayu Sepang mengandung senyawa golongan flanoloid, khususnya senyawa brazilian yang berpotensi mengandung antioksidan. Dari penemuan tersebut, kami terpikir untuk mengembangkan ekstrak Sepang menjadi lotion anti oksidan dan diusulkan ke dalam program kreatifitas mahasiswa (PKM),” ungkap Dwi, Kamis (8/10/2015).

Lebih lanjut alumni SMAN 1 Ranomeeto ini menjelaskan, proses pemanfaatan kayu Sepang menjadi lotion dimulai dari sortasi basah, pencucian, perajangan, sortasi kering dan proses ekstraksi. Setelah itu, baru diuji kadar antioksidannya dan diformulasi menjadi lotion.

Sebelum uji tabir surya terlebih dulu mereka melakukan uji keamanan, estetika dan kenyamanan pengguna.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com