Tampilan Desktop

Malam Tahun Baru, Wilayah Sultra Diprediksi Hujan Ringan
98 Dibaca

Tahun baru 2016 Kendari

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, kondisi cuaca pada malam pergantian tahun di sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Aris Yunatas mengatakan, monsun Asia semakin kuat mempengaruhi kondisi cuaca di Indonesia, khususnya wilayah Sultra. Hal ini terlihat pada pola angin yang berasal dari Benua Asia yang disebabkan posisi matahari di belahan bumi bagian selatan.

Aris Yunatas

Aris Yunatas

Lanjut Aris, berdasarkan pola angin streamline dengan ketinggian 3.000 kaki, menunjukan adanya gangguan konvergensi (pertemuan massa udara dari belahan bumi selatan dan belahan bumi utara). Kondisi ini mengakibatkan penumpukan massa udara di wilayah konvergensi dan dampak yang dirasakan adalah potensi cuaca buruk yaitu potensi hujan deras.

Sedangkan berdasarkan kondisi kelembaban dan kecepatan angin di lapisan 850 mb dan 700 mb, kata Aris wilayah Sultra menunjukan kelembaban yang tinggi pada siang sampai sore hari, ditambah lagi kecepatan angin dilapisan tersebut rendah sehingga memungkinkan potensi hujan pada siang dan sore hari di wilayah Sultra.

“Berdasarkan gambaran dinamika atmosfir di atas menunjukan bahwa pada malam tahun baru diperkirakan pada pagi hari cerah berawan, pada siang hari hujan sedang, pada malam hari hujan ringan dan pada dini hari cerah berawan,” terang Aris.

 

Penulis : Jhumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com