Tampilan Desktop


Mantan Direktur PT DRI Tertangkap di Makassar
217 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA– Mantan Direktur Operasional PT Dharma Rosadi Internasional (DRI), Tubagus Riko Riswanda, akhirnya dijebloskan ke penjara oleh kejaksaan negeri (Kejari) Kolaka, Minggu (27/3/2016) sore.

Terdakwa kasus penggelapan dana perusahaan tersebut ditangkap oleh tim penyidik Kejari Kolaka di Hotel Demalia, Makassar (Sulsel) sekitar pukul 08.30 wita, pagi tadi.

Penangkapan terhadap Riko Riswanda, menurut Kejari Kolaka, Jefferdian, berlangsung cepat, tanpa perlawanan dari terdakwa.

“Kita dibantu anggota Polres Kolaka, yang sejak awal ikut bersama kita mengintai dan menangkap Riko di hotel itu,” kata Kajari, di ruang kerjanya, Minggu (27/3/2016).

Mantan Direktur PT DRI Tertangkap di Makassar

Jefferdian

Tidak lama setelah penangkapan, Riko langsung diterbangkan ke Kolaka melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, tiba di Bandara Sangia Nibandera, Tanggetada (Saniban), Kolaka sekitar pukul 14.15 wita.

Dari Bandara Saniban, Tanggetada, Riko dibawa ke Rutan Klas IIb Kolaka, dengan pengawalan tiga penyidik Kejari dan seorang anggota Polres Kolaka.

Saat tiba di pelataran Rutan Kolaka, Riko yang mengenakan kaos warna abu-abu lengan panjang, memakai topi, dan berkacamata hitam, terlihat ragu saat akan turun dari mobil yang membawanya.

Setelah melihat aba-aba dari petugas Rutan yang membuka pintu utama, barulah penyidik Kejari meminta Riko keluar dari mobil.

Tanpa berbicara sedikit pun, Riko langsung lari masuk melalui pintu utama Rutan.

Untuk diketahui, Riko Riswanda adalah mantan direktur operasional PT DRI Kolaka, sebuah perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) ore nikel di kecamatan Pomalaa.

Oleh pemilik perusahaan, Joni Rosadi, Riko dilaporkan telah melakukan penggelapan dana perusahaan sebesar lebih dari Rp 81 miliar, hasil dari 36 kali pengapalan ore nikel.

Di tingkat pengadilan negeri (PN) Kolaka, Riko Riswanda divonis 4 tahun penjara, namun pria bertubuh langsing tersebut tidak menjalani vonis tersebut.

Riko menghilang dari Kolaka, setelah sebelumnya menjalani masa penangguhan penahanan.

Pada tingkat banding di pengadilan tinggi (PT) Sultra, vonis Riko bertambah menjadi 5 tahun, dan kemudian diperkuat lagi di tingkat kasasi di MA.

Selain Riko Riswanda, Direktur Utama PT DRI, Joni Rosadi juga dieksekusi pada Jumat (25/3/2016) lalu di Bandung.

Berbeda dengan Riko Riswanda, Joni Rosadi tidak dibawa ke Kolaka, melainkan dititip penahanannya di Lapas Suka Miskin, Bandung, Jawa Barat.

Joni Rosadi, menjadi tersangka dan dijatuhi vonis 3 tahun di tingkat MA, atas tuduhan serupa dengan Riko Riswanda, yakni penggelapan yang dilaporkan oleh PT Malibu, sebuah perusahaan Join Operasional (JO) PT DRI.

Kasus penggelapan di tubuh PT DRI secara tidak langsung menyebabkan kerugian negara dari sisi royalti, dan kewajiban lain perusahaan kepada negara.

 

Penulis : Abdul Saban
Editor   : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com