Tampilan Desktop



Masuk Cuaca Ekstrim, DPBD Himbau Warga Buton Waspada
60 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Kabupaten Buton menghimbau masyarakat setempat untuk selalu waspada menyusul cuaca ekstrim yang kini melanda sebagian wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), termasuk Kabupaten Buton.

Kepala bidang (Kabid) Pencegahan Kesiapsiagaan DPBD Kabupaten Buton Risal Jalil.

M Risal Djalil

Kepala DPBD Buton Joni Rasyid, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Kesiapsiagaan DPBD Buton Risal Jalil mengatakan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar pesisir, khususnya untuk gelombang pasang, bila sudah mengetahui terjadinya musim timur atau gelombang pasang agar berhati-hati.

Baca Juga : Apa Penyebab Hujan Sepanjang Hari Ini? Ini Penjelasan BMKG

“Sudah ada contoh beberapa daerah di wilayah Sultra terjadi banjir, gelombang pasang dan angin kencang. Jadi kita berusaha meminimalisir korban,” kata Risal Jalil di Kantor Bupati Buton, Selasa (16/5/2017).

Guna mengurangi resiko bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Buton, dalam waktu dekat pihaknya juga bakal membentuk empat desa tangguh bencana. Diperkirakan usai Lebaran tahun ini.

Baca Juga : Waspada, Cuaca Buruk Akibatkan Banjir dan Gelombang Setinggi Dua Meter

“Hanya saja ke empat lokasi desa tersebut kita belum tahu pasti karena penentuan lokasi tersebut harus sesuai dengan permintaan dan keputusan kepala dinas,” kata Risal.

Adapun anggarannya sendiri bersumber dari APBN dan ditindaklanjuti dengan APBD Buton tahun 2017. Pihanya berharap program ini akan berkelanjutan tiap tahunnya sehingga semua desa di wilayah Buton akan diikutkan menjadi dea tangguh bencana. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free