Tampilan Desktop



Masuk Wilayah Konut, Pulau Wisata Labengki Masih Dikelola Konawe
91 Dibaca

Pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan oleh destinasi wisata yang disetarakan dengan wisata laut Raja Ampat tersebut masih dikelola oleh Kabupaten Konawe. Padahal, kawasan tersebut berada di Kec

Pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan oleh destinasi wisata yang disetarakan dengan wisata laut Raja Ampat tersebut masih dikelola oleh Kabupaten Konawe. Padahal, kawasan tersebut berada di Kecamatan Lasolo yang merupakan wilayah Konut. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya perhatian dari instansi kepariwisataan Konut.

Ketua Komisi C DPRD Konut Samir mengatakan, persoalan tersebut tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Dia mempertanyakan kinerja Kepala Dinas Pariwisata Konut selama ini. Padahal, dari sisi potensi pendapatan daerah, Pulau Labengki sangat menjanjikan.

Jalur masuk wisata Pulau Labengki memang harus melalui Desa Toli-Toli, Kecamatan Lalonggasu Meeto, Kabupaten Konawe. Karena kondisi inilah yang membuat pihak Pemerintah Daerah Konut kesulitan mempungut PAD.

“Kita prihatin dengan kondisi ini. Seharusnya aset wisata yang dimiliki Konut wajib dilakukan penataan. Secara kelembagaan, saya mendesak kadis pariwisata untuk meninjau keberadaan Pulau Labengki,” kata Samir di kantornya, Selasa (10/3/2015).

Tarik-menarik kepemilikan aset antara Konut dan Konawe tidak hanya terjadi di Pulau Labengki, tapi juga Pantai Tanjung Taipa dan Pabrik Es Mini di daerah Tinobu. Semua aset tersebut masih dikelola oleh Pemda Konawe, padahal Konut sudah memisahkan diri dari Konawe sejak tahun 2007 silam.(*/Maul)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free