Tampilan Desktop


Masyarakat Laonti Tidak Tersentuh Program Prona, Ini Sebabnya
81 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Masyarakat di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara ternyata tidak pernah tersentuh program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Masyarakat Laonti Tidak Tersentuh Program Prona, Ini Sebabnya

Ilustrasi

Kepala BPN Konsel Darmin mengatakan, pihaknya tidak bisa memproses sertifikat Prona tanpa ada permintaan dan permohonan masyarakat melalui kepala desa (Kades) atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Laonti tidak memiliki sertifikat Prona karena selama ini baik kepala desa ataupun pihak kecamatan setempat tidak pernah memberikan permohonan.

“Bagaimana kita mau tahu mereka membutuhkan, permohonannya saja tidak pernah ada. Jangan sampai kami menurunkan program itu disana tidak berhasil karena salah satu keberhasilan kegiatan Prona adalah tingkat partisipasi masyarakat. Jadi kerja sama yang baiklah,” terangnya, Sabtu (16/7/2016)

Dia menambahkan, untuk tahun 2016, BPN Konsel menargetkan sebanyak 2.000 sertifikat bidang tanah, namun hingga Juli baru sebanyak 1.658 sertifikat Prona atau 82,90 persen yang telah selesai.

Salah satu kendala target tersebut belum terselesaikan adalah masalah jaringan. Meski begitu, pihaknya telah dinyatakan oleh kementerian terkait sebagai BPN kabupaten tercepat yang hampir menyelesaikan target.

“Kita sejak 2014 sudah langsung dipantau melalui sistem pengendali mutu, jadi setiap selesai pekerjaan itu langsung terbaca oleh pak menteri. Alhandulillah tahun ini se-Sulawesi tenggara baru Konsel yang hampir menyelesaikan program,” katanya. (B)

 

Reporter: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com