Materi Pengenalan UHO Jadi Penutup Pendidikan Karakter Bela Negara

2
8.247 Mahasiswa Baru UHO Ikuti Pendidikan Bela Negara
PENDIDIKAN BELA NEGARA - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan karakter bela negara yang diikuti 8.247 mahasiswa baru angkatan 2017, Jumat (8/12/2017). (Foto : Istimewa)

8.247 Mahasiswa Baru UHO Ikuti Pendidikan Bela Negara PENDIDIKAN BELA NEGARA – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan karakter bela negara yang diikuti 8.247 mahasiswa baru angkatan 2017, Jumat (8/12/2017). (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang berlangsung sejak 7 Desember 2017 lalu resmi diakhiri dengan pemaparan materi tentang sejarah, visi dan misi, serta perkembangan UHO dari masa ke masa.

Di hari terakhir tersebut, para pemateri yang terdiri dari civitas akademika, baik itu dekan, wakil dekan maupun wakil rektor menjelaskan secara rinci perkembangan UHO di usia ke-35 tahun.

Dekan Fakultas Teknik UHO, Mustarum Musaruddin misalnya, saat menjadi pemateri pada gugus III di Aula Fakultas Hukum menjelaskan, perjalanan UHO menapaki usia 35 tahun diawali oleh Surat Keputusan Presiden RI Nomor 37 tahun 1981 tanggal 14 Agustus 1981 dan oleh Dirjen Dikti Tisna Amidjaja pada tanggal 19 Agustus 1981 menandatangani prasasti berdirinya UHO sebagai universitas negeri yang ke-42 di Tanah Air di Kampus Kemaraya Kendari.

“Rentang waktu tersebut telah banyak merubah wajah UHO menuju kedewasaan,” kata Mustarum saat memberikan materi, Minggu (10/12/2017).

Mustarum juga menjelaskan tujuan UHO yakni pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang diselenggarakan melalui kegiatan institusionalnya dengan berbasis pada potensi sumber daya lokal-nasional dan paradigma nasional, dipolakan secara terarah agar memiliki kemampuan untuk mengkaji, membangun, dan memanfaatkan secara berkelanjutan.

Ia juga menyebutkan, hingga saat ini UHO telah memiliki dosen sebanyak 1.417 orang, serta guru besar sebanyak 66 orang. Saat ini, mahasiswa UHO berjumlah kurang lebih 47.398 (termasuk 1.000 diantaranya adalah mahasiswa kerjasama dengan Polda Sultra) yang tersebar pada 18 fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana (Magister dan Doktor).

Dari 99 program studi di UHO, 6 prodi telah terakreditasi A, 47 prodi terakreditasi B dan 46 prodi terakreditasi C.

Hal lain yang juga disampaikan ialah terkait sarana dan prasarana UHO, mulai dari laboratorium, jaringan internet, kebun raya, penataan UHO menuju green campus, pengembangan akademik dan kemahasiswaan, prestasi, serta masih banyak lagi materi yang disampaikan terkait pengenalan UHO kepada para mahasiswa baru. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here