Tampilan Desktop


Mau Mudik Nyaman, Manfaatkan Posko-posko Kesehatan Ini
45 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2015 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membuka sepuluh posko kesehatan di seluruh pelabuhan dan bandara di Sultra.

Kepala KKP Kendari Bachtian AW, melalui Kepala Seksi Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah Wahyuni Harti Thamrin mengatakan, posko kesehatan ini akan memberikan pelayanan kesehatan tidak hanya kepada para pemudik, namun juga kepada para petugas pelabuhan dan bandara, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan penjual makanan dan minuman yang berada di sekitar pelabuhan dan bandara.

“Selain pelayanan kesehatan, faktor resiko lingkungan juga akan kita perhatikan. Misalnya pemudik yang naik kapal siang tujuan Baubau, pasti mereka berbuka di jalan. Nah, kemungkinan besar mereka beli makanan yang ada di sekitar pelabuhan. Makanya kita akan periksa sampel makanan yang ada di pelabuhan. Kita berusaha untuk memininalisir penyakit yang bersumber dari pelabuhan dan bandara itu sendiri,” terang Wahyuni di Kendari, Kamis (25/6/2015).

Pendirian posko, lanjut Wahyuni, akan dimulai pada H-15 hingga H+15 untuk pelabuhan dan H-7 hingga H+7 untuk bandara. Jadwal ini lebih cepat sehari dibandingkan instruksi dari Kementerian Kesehatan RI yang mensyaratkan KKP seluruh Indonesia membuka posko kesehatan mulai pada H-14.

“Setelah kita adakan rapat koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kendari, SAR dan Jasa Raharja pendirian posko kita majukan lebih cepat. Satu harinya itu bisa kita gunakan untuk memeriksa para kru angkutan lebaran. Kita akan pastikan semua kru angkutan lebaran itu dalam kondisi sehat dan tidak dalam pengaruh alkohol ketika membawa para pemudik,” terangnya.

Khusus untuk bandara, katanya, tahun ini akan sedikit diperketat pemeriksaannya. Hal ini untuk mencegah kemungkinan menyebarnya virus MERS dari Korea Selatan. “Kita juga akan membagikan masker kepada para penumpang yang ada di pelabuhan maupun bandara,” ujarnya.

Wahyuni berharap masyarakat akan memanfaatkan fasilitas layanan yang disiapkan tersebut demi kenyamanan kesehatan selama perjalanan. Selain itu, dia juga mengimbau kepada para pemudik agar membawa bekal sendiri dan tidak menerima makanan ataupun minuman dari orang yang tidak dikenal. Ketika akan mudik sebaiknya dipastikan kondisi dalam keadaan sehat dan tidak memaksakan diri jika memang dalam kondisi yang tidak baik.

Adapun lokasi posko kesehatan yang disediakan adalah Pelabuhan Ferry, Terminal Pangkalan Perahu, Pelabuhan Nusantara dan Bandara Haluoleo di Kendari. Pelabuhan Murhum dan Bandara Betoambari di Baubau. Pelabuhan Wanci dan Bandara Matahora di Wakatobi. Pelabuhan Nusantara dan Bandara Sangia Nii Bandea di Kolaka.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com