Tampilan Desktop


Melalui Forum Pertides, UHO Siap Bersinergi dengan 10 PTN Bangun Desa Binaan
152 Dibaca

fgd-forum-perguruan-tinggi-untuk-desa-forum-pertides-terkait-kerjasama-dan-integrasi-program-serta-perencanaan-dan-pengembangan-sumber-daya-di-same-hotel-kendari

FGD : Focus Group Discussion (FGD) Forum Perguruan Tinggi Untuk Desa (Forum Pertides) terkait kerjasama dan integrasi program serta perencanaan dan pengembangan sumber daya, di Same Hotel KENDARI, Rabu (5/10/2016). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan 10 perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya yang tergabung dalam Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Forum Pertides) siap membangun desa binaan di daerah masing-masing dengan berbagai program unggulan seperti pengelolaan dana desa yang berkualitas, dan percepatan pembangunan desa melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Rektor UHO Usman Rianse mengatakan, kerjasama sangat gampang dilakukan, namun integrasi dalam hal kompetisi internal perguruan tinggi tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dari sesama anggota forum agar tidak terkesan mengerjakan proyek semata. Sebab, perguruan tinggi juga memiliki kekurangan dalam bidang tertentu.

“Harapannya dengan adanya Forum Pertides ini sekat dan ego antar perguruan tinggi bisa melebur demi kepentingan bersama dalam membangun dan memberdayakan desa,” kata Usman dalam acara focus group discussion (FGD) yang digelar Forum Pertides terkait kerjasama dan integrasi program, serta perencanaan dan pengembangan sumber daya di Same Hotel Kendari, Rabu (5/10/2016).

Dalam FGD itu, Usman Rianse mengusulkan gagasan KKN Pengabdian Kebangsaan, agar dosen dari perguruan tinggi bisa bersatu dalam membangun desa mandiri.

UHO sebagai bagian dari 11 universitas pendiri forum ini telah memiliki program desa binaan. Tinggal bagaimana kementerian terkait melakukan legalitas.

“Komitmen untuk membangun desa pesisir menjadi daerah maritim. Baik itu, desa yang telah memiliki potensi maupun tidak memiliki potensi,” kata Usman.

Forum Pertides ini terdiri dari UHO, ITB, UGM, Unpad, UPN Jawa Timur, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Cenderawasih, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Banten, Universitas Andalas, dan Universitas Mataram. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor     : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com