Tampilan Desktop



Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Untuk Fokus Program Pembangunan Daerah
69 Dibaca

Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Untuk Fokus Program Pembangunan Daerah

KONFRENSI NASIONAL – Tjahjo Kumolo memberikan paparan dalam Konferensi Nasional Pengelolaan Keuangan dan Pendanaan Pembangunan Daerah dan Desa di Ballroom Dhanapala, Kemenkeu Jl. Senen Raya No. 1 Jakarta Pusat Rabu (7/12/2016). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada kepala daerah sebagaimana amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk fokus dalam program pembangunan di daerah. Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Nasional Pengelolaan Keuangan dan Pendanaan Pembangunan Daerah dan Desa dan Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 di Kemenerian Keuangan (Kemenkeu).

“Bapak Presiden selalu mengingatkan kepada kita semua fokus program itu yang paling utama, kemudian membuka peluang investasi itu bisa masuk ke seluruh skala prioritas pembangunan yang ada di daerah,” ujar Tjahjo di Ballroom Dhanapala, Kemenkeu Jl. Senen Raya  No. 1 Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2016).

Pihaknya juga optimis segenap kepala daerah sudah  berkomitmen dan berupaya membangun tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan efisien. Dalam kesempatan ini Tjahjo juga memberikan catatan-catatan khusus kepada Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati dan Walikota yang hadir agar anggaran yang ada harus dioptimalkan dan diperbesar untuk belanja modal.

Selanjutnya penyederhanaan nomenklatur anggaran dihimbau agar lebih jelas dan tepat sasaran. “Yang terus menerus disampaikan oleh Bapak Presiden, Wakil Presiden, dan Menko adalah merubah pola pikir kita dari money follow function menjadi money follow organization menjadi money follow program,” jelas Tjahjo lebih lanjut.

Selain itu Mendagri meminta kepala daerah untuk memastikan anggaran yang telah didedikasikan untuk rakyat tersebut harus benar-benar berjalan secara efisien dan dijaga dengan penuh integritas sehingga berjalan efisien.

Tjahjo juga mengingatkan agar dalam pembahasan penyusunan anggaran yang sedang berlangsung untuk menghindari praktek-praktek kongkalikong.

“Saya mohonkan kepada yang terhormat para Gubernur, para Bupati/Walikota untuk segera melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya percepatan penerapan rancangan apbd tahun anggaran 2017,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini sekaligus puncak acara pemberian Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 untuk daerah berkinerja baik yang sebelumnya telah dilakukan secara simbolis di Istana Negara. Sulawesi Tenggara merupakan salah satu penerima Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 yang diwakili oleh Wakil Gubernur Saleh Lasata.  (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com